PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF- REGULATED LEARNING PADA SISWA SMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

ROFIQOH YULI AFIFAH, NIM. 08600063 (2012) PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF- REGULATED LEARNING PADA SISWA SMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF- REGULATED LEARNING PADA SISWA SMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF- REGULATED LEARNING PADA SISWA SMA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode guided discovery terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis (KPM) dan selfregulated learning (SRL) ditinjau secara keseluruhan dan dari kemampuan awal matematika (KAM). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen (nonequivalent control group design). Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel yaitu variabel bebas berupa metode pembelajaran guided discovery dan variabel terikat berupa KPM dan SRL. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang siswa kelas X.A, X.B, dan X.C di SMA N 10 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas X.A sebagai kelas eksperimen dan kelas X.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian soal KAM, pemberian soal pre-test dan post-test KPM, pemberian pre-skala dan post-skala SRL. Data yang digunakan adalah data N-Gain. Teknik Analisis data meliputi uji anova dua jalur, uji independent sample t-test, uji anova satu jalur, dan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata peningkatan KPM dan SRL siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut bermakna bahwa pembelajaran dengan metode guided discovery berpengaruh terhadap peningkatan KPM dan SRL secara keseluruhan. Ditinjau dari KAM, pada kategori tinggi nilai rata-rata peningkatan KPM pada kelas eksperimen lebih tinggi, sedangkan pada kategori sedang dan rendah nilai rata-rata peningkatan KPM pada kelas eksperimen tidak berbeda dengan kelas kontrol. Untuk SRL, pada kategori tinggi dan sedang nilai rata-rata peningkatan SRL pada kelas eksperimen lebih tinggi, sedangkan pada kategori rendah nilai rata-rata peningkatan KPM pada kelas eksperimen tidak berbeda dengan kelas kontrol. Kata Kunci: Guided Discovery, KPM, SRL, KAM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jun 2013 15:44
Last Modified: 27 Jan 2016 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum