PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA FISIKA BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI TEKANAN UNTUK SISWA SMP/MTs

NINA ISNAENI, NIM. 08690038 (2013) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA FISIKA BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI TEKANAN UNTUK SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA FISIKA BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI TEKANAN UNTUK SISWA SMP/MTs )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA FISIKA BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI TEKANAN UNTUK SISWA SMP/MTs )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan video pembelajaran IPA Fisika berbasis potensi lokal untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi tekanan, (2) mengetahui kualitas video pembelajaran IPA Fisika berbasis potensi lokal pada materi tekanan untuk siswa SMP/MTs, (3) mengetahui respon siswa terhadap video pembelajaran IPA Fisika berbasis potensi lokal yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan,(Research and Development/R&D) model prosedural deskriptif yang menunjukkan langkahlangkah yang harus diikuti yaitu model 4D yang meliputi 4 langkah yaitu (1) define, (2) design ,(3) develop, dan (4) disseminate. Penelitian dibatasi pada tahap develop. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian (skala Likert) dan lembar respon siswa (skala Guttman) yang sudah divalidasi oleh validator. Data kualitas video diperoleh dari 6 penilai. Kelayakan video berdasarkan respon siswa uji coba terbatas pada 9 siswa dan uji coba luas pada 20 siswa. Data hasil penilaian dan respon siswa terhadap video pembelajaran dianalisis dengan pedoman kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini antara lain: (1) produk pembelajaran berupa video pembelajaran IPA Fisika berbasis potensi lokal pada materi tekanan untuk siswa SMP/MTs, (2) kualitas video pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase 75,00% dari ahli materi; 80,00% dari ahli media; 82,92% dari guru, (3) respon siswa terhadap video pembelajan IPA Fisika berbasis potensi lokal pada uji coba terbatas diperoleh persentase 89,00% sedangkan pada uji coba luas diperoleh persentase 84,00%. Kata kunci : Video Pembelajaran, Potensi Lokal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Jun 2013 17:03
Last Modified: 04 Feb 2016 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum