EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI KELAS V MI

DWI RINA SULISTYANINGSIH, NIM. 08480034 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI KELAS V MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI KELAS V MI )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI KELAS V MI )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dwi Rina Sulistyaningsih. Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Tiga Dimensi dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Geometri Kelas V MI. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Efektivitas penggunaan alat peraga tiga dimensi dalam pembelajaran matematika pada materi geometri kelas V MI. 2) Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran matematika pada materi geometri dengan menggunakan alat peraga tiga dimensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen design) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI al-Hidayah Petuguran dan seluruh siswa MI Cokroaminoto 01 Petuguran. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu sampel yang digunakan adalah seluruh populasi dengan sampel siswa kelas V MI al-Hidayah Petuguran yang berjumlah 13 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V MI Cokroaminoto 01 Petuguran yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes (pre-test dan post-test) dan observasi. Analisis data menggunakan pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai t hitung 2.313 dan nilai t tabel 2.06. Sehingga t hitung > t (2.313 > 2.06). Hal ini menunjukkan bahwa H 0 : ditolak, H : diterima, artinya rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata kelompok kontrol. 2) Respon guru terhadap penggunaan alat peraga tiga dimensi termasuk kategori sangat tinggi dengan persentase pada pertemuan pertama sebesar 72,72% pertemuan kedua sebesar 81,81 dan pertemuan ketiga sebesar 90,90%. Aktivitas siswa pada tiap pertemuan termasuk kategori sangat tinggi, artinya siswa aktif dalam proses pembelajaran di kelas, dengan persentase pertemuan pertama dan kedua sebesar 87,50% dan pertemuan ketiga sebesar 95,83%.. 1 Kata kunci: Efektivitas, peraga tiga dimensi, geometri SD/ MI, matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Jun 2013 17:43
Last Modified: 25 Jan 2017 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8273

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum