EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DILENGKAPI THE POWER OF TWO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013

MEILA EMANITA, NIM. 09480093 (2013) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DILENGKAPI THE POWER OF TWO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DILENGKAPI THE POWER OF TWO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DILENGKAPI THE POWER OF TWO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MIN TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran IPA di kelas IV MIN Tempel dengan menerapkan metode pembelajaran Crossword Puzzel dilengkapi The Power Of Two lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran IPA menggunakan metode ekspositori ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 96 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling berupa purposive sampling. Dari tiga kelas diambil dua kelas yaitu kelas IV B yang berjumlah 32 siswa (sebagai kelas eksperimen) dan kelas IV C yang berjumlah 29 siswa (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keakuratan instrument dilakukan dengan uji validitas dengan rumus Product Moment, uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha, uji tingkat kesukaran dan daya pembeda. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorof-Smirnov dan pengujian rata-rata mengunakan statistik nonparametris yaitu uji Mann-Whitney U. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran Crossword Puzzel dilengkapi The Power Of Two lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa. Perbedaan hasil belajar dapat dilihat dari hasil gain kelompok eksperimen sebesar 27,00 sedangkan kelompok kontrol sebesar 15,76. Keyword: Crossword Puzzel, The Power Of Two, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Jun 2013 18:45
Last Modified: 27 Jan 2017 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8283

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum