KESESUAIAN ANTARA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NISA KHOLIFAH, NIM. 09420153 (2013) KESESUAIAN ANTARA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KESESUAIAN ANTARA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KESESUAIAN ANTARA PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)

Abstract

Nisa Kholifah. Kesesuaian Antara Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. Tujuan penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui konsistensi antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah AN Wonokromo Bantul. Kedua, untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat guru dalam melaksanakan perencanaan secara konsisten. Ketiga, untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi masalah-masalah yang muncul di tengah proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Rancangan yang digunakan adalah rancangan deskriptif. Subyek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, konsistensi antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas X MAN Wonokromo secara umum baik karena komponen perencanaan sudah terpenuhi, akan tetapi metode yang seharusnya menumbuhkan keaktifan siswa belum terlaksana dengan maksimal. Faktor penghambat yang muncul ditengah proses pembelajaran antara lain: perbedaan daya tangkap siswa terhadap materi, keterbatasan waktu, faktor internal guru, dan kurang lancarnya siswa dalam membaca teks Arab. Upaya guru untuk mengatasi masalah tersebut antara lain: memahami kemampuan masing-masing siswa, menerapkan metode yang telah direncanakan, mengontrol kelas agar tetap kondusif, dan membagi waktu dengan tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Jun 2013 20:46
Last Modified: 02 May 2017 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum