KORELASI GAYA BELAJAR BAHASA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N PAKEM TAHUN AJARAN 2012/2013

ANIK MULYATI, NIM. 09420024 (2013) KORELASI GAYA BELAJAR BAHASA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N PAKEM TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI GAYA BELAJAR BAHASA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N PAKEM TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88MB) | Preview
[img] Text (KORELASI GAYA BELAJAR BAHASA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs N PAKEM TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, IIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara gaya belajar yang meliputi gaya belajar field dependent dan field independent dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs N Pakem. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Pakem tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 142 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik random sampling atau sampel acak. Ukuran sampel sebagaimana ditentukan oleh Suharsimi Arikunto, maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 71 siswa atau 50% dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan angket. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 40 butir angket terdapat 36 butir terbukti valid. Analisis data meliputi analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar field dependent dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,534 yang lebih besar dari harga r tabel sebesar 0,227. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar field independent dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,507 yang lebih besar dari harga r tabel sebesar 0,227. (3)Ada hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar field dependent dan field independent secara bersama-sama dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji signifikansi dengan nilai F hitung sebesar 27,502 lebih besar dari harga F tabel sebesar 3,13. Dari sini dapat disimpulkan bahwa semakin tepat siswa kelas VIII MTs N Pakem dalam menggunakan gaya belajar field dependent dan field independent maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar bahasa Arab mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Jun 2013 16:14
Last Modified: 18 Apr 2017 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8300

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum