PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTUN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III

ZA’IMATUL AMNA, NIM. 08670037 (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTUN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTUN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTUN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA III)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan media kartun kimia terhadap motivasi belajar kimia siswa kelas XI MAN Yogyakarta III. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan media kartun kimia terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment): Posttest-Only Design with Nonequivalent Groups. Penelitian ini menggunakan produk media pembelajaran berupa kartun kimia karya Muhammad Zamhari, S.Pd.Si. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta III dan 2 kelas digunakan sebagai sampel (XI IPA 3 dan XI IPA 4). Pengambilan sampel ini dilakukan dengan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: angket dan soal ujian berupa posttest. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan soal pilihan ganda dan uraian. Adapun teknik analisis data untuk menguji hipotesis ini adalah paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media kartun kimia terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Kesimpulan ini sesuai dengan hasil analisis pengaruh penggunaan media pembelajaran kartun kimia terhadap motivasi belajar kimia siswa kelas XI MAN Yogyakarta III yang ditunjukkan dengan perolehan kategori motivasi pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol (B > C). Sedangkan pada hasil analisis uji t dalam penggunaan media pembelajaran kartun kimia terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI MAN Yogyakarta III dihasilkan angka sig (2-tailed) sebesar 0,028 (0,028 < 0,05). Kata Kunci: Media kartun kimia, motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jun 2013 16:40
Last Modified: 22 Feb 2016 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum