HANNI JUWANIAH , NIM. 09480058 (2013) PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA SISWA KELAS VA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN BAWU JEPARA JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA SISWA KELAS VA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN BAWU JEPARA JAWA TENGAH )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (880kB) | Preview |
|
Text (PENERAPAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA SISWA KELAS VA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN BAWU JEPARA JAWA TENGAH )
BAB II, III.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
Abstract
Hanni Juwaniah, ”Penerapan Nilai-Nilai Religius pada Siswa Kelas VA dalam Pendidikan Karakter di MIN Bawu Jepara Jawa Tengah.” Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai religius apa saja yang diterapkan pada siswa kelas VA di MIN Bawu Jepara, (2) Bagaimana proses penerapan nilai-nilai religius pada siswa kelas VA dalam pendidikan karakter di MIN Bawu Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang membangun makna berdasarkan data lapangan. Prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut diambil kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) Adanya beberapa nilai religius yang diterapkan pada siswa kelas VA di MIN Bawu Jepara, (2) Adanya proses dalam penerapan nilai-nilai religius pada siswa kelas VA dalam pendidikan karakter di MIN Bawu Jepara. Hasil pengamatan dari penerapan nilai-nilai religius pada siswa kelas VA dalam pendidikan karakter adalah: (1) Nilai-nilai religius yang diterapkan pada siswa kelas VA di MIN Bawu Jepara meliputi nilai dasar dalam pendidikan Islam yang mencakup dua dimensi nilai yakni nilai Ilahiyah dan nilai Insaniyah. Dalam nilai Ilahiyah, nilai yang sudah diterapkan di MIN Bawu mencakup lima nilai yaitu: nilai iman, nilai Islam, nilai taqwa, nilai ikhlas, dan nilai tawakkal. Sedangkan nilai insaniyah mencakup enam nilai yakni nilai silaturahmi, nilai ukhuwah, nilai Al Adalah, nilai tawadhu’, dan nilai Al Munfiqun. (2) Proses penerapan nilai-nilai religius pada siswa kelas VA dalam pendidikan karakter di MIN Bawu melalui proses pembiasaan dan peneladanan yang meliputi tiga nilai yaitu nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Selain itu, Madrasah juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yaitu orang tua atau wali siswa dan masyarakat sekitar. Proses penerapan nilai religius menurut pusat kurikulum kementrian pendidikan nasional tahun 2011 diterapkan melalui empat kegiatan yakni kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengondisian, dengan program pembiasaan dan budaya Madrasah dalam kegiatan harian dan kegiatan ekstrakurikuler. Kata kunci: Penerapan nilai religius, proses, pembiasaan, peneladanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 17:20 |
Last Modified: | 26 Jan 2017 10:22 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8370 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |