PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN

A.M.S NURHIDAYAH , NIM. 09480082 (2013) PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

A.M.S NURHIDAYAH. 2013. Peran Komunikasi Interpersonal Wali Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Di MI Darul Huda Ngaglik Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam proses pembelajaran, diperlukan kemampuan komunikasi interpersonal wali kelas yang mampu mendorong serta mengarahkan siswa pada tujuan pembelajaran, merangsang siswa untuk berinteraksi, mengajak dan mempengaruhi siswa, sehingga motivasi belajar muncul dalam diri siswa dan dapat meningkatkan kegairahan serta mengembangkan kegiatan belajar siswa. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan, wali kelas VI mempunyai hubungan kedekatan dan keakraban dengan siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal wali kelas dengan motivasi siswa kelas VI, mendeskripsikan peran komunikasi interpersonal wali kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas VI, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat komunikasi interpersonal wali kelas VI di MI Darul Huda Ngaglik Sleman. Penelitian ini berjenis penelitian kombinasi (mixed methods), dengan subjek penelitian wali kelas VI, siswa kelas VI yang berjumlah 22 siswa, kepala madrasah, dan Karyawan Tata Usaha. Teknik pengumpulan data dengan skala, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji linearitas, analisis frekuensi, analisis deskriptif, analisis korelasi Pearson, analisis regresi linear sederhana, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data dengan uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar didapat nilai r hitung sebesar 0,886 yang termasuk kategori sangat kuat. Komunikasi interpersonal wali kelas berperan terhadap motivasi belajar siswa, dimana komunikasi interpersonal wali kelas yang menerapkan keterbukaan, empati, dukungan, perasaan positif, dan kesetaraan mampu meningkatkan kebutuhan, dorongan, dan tujuan siswa kelas VI untuk belajar. Faktor pendukung komunikasi interpersonal wali kelas yaitu wali kelas yang berhasil menerapkan sikap-sikap positif dengan siswa, siswa dapat merespon apa yang disampaikan wali kelas dan pesan yang disampaikan dengan metode cerita dan tanya jawab. Faktor penghambat komunikasi interpersonal wali kelas yaitu wali kelas terkadang kesulitan mengelola kelas jika siswa ramai, ada siswa yang pemalu dan tidak bertanya kepada wali kelas jika belum paham, dan wali kelas kesulitan menggunakan media pembelajaran yang berakibat sulit memanfaatkan waktu dengan baik dan pengelolaan kelas. Kata Kunci: Komunikasi, Interpersonal, Wali Kelas, Motivasi, Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jun 2013 17:45
Last Modified: 24 Jan 2017 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8377

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum