METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAHIRAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN

UMMU AIMANAH, NIM. 09420208 (2013) METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAHIRAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAHIRAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (METODE SOROGAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAHIRAN MEMBACA LITERATUR BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta yang merupakan salah satu metode tradisional yang diterapkan di Pesantren Krapyak untuk membantu santri dalam membaca dan memahami literatur-literatur berbahasa Arab. Dengan adanya penerapan metode sorogan ini diharapkan santri menjadi lebih aktif dalam belajar, terutama dalam memahami literatur-literatur berbahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode sorogan, mengetahui efektivitas metode sorogan untuk meningkatkan kemahiran membaca santri, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat metode sorogan dalam mengembangkan kemahiran membaca santri. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terperinci. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi serta angket ( hanya untuk pendukung). Adapun sumber datanya adalah, usta>z\/ usta>z\ah , pembimbing serta santriwati kelas XI Aliyah Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran dengan menggunakan metode sorogan berjalan cukup baik dan efektif dalam mendidik santri dalam mempelajari dan memahami literatur-literatur berbahasa Arab karena kegiatan belajar mengajar secara individual dapat meningkatkan keaktifan santri dalam membahas masalah dan memecahkannya,(2) efektivitas metode sorogan untuk meningkatkan kemahiran membaca santri yakni: mengacu pada nilai santri, dengan hasil rata-rata: (a)Qira’ah: 7.8 (b) Pemahaman: 7.2 (c) Qawaid: 8 yang dapat dikategorikan dengan predikat Jayyid (3) faktor yang mendukung dalam penggunaan metode sorogan ini yaitu: (a) Himmah/ orientasi santri ketika masuk di Pondok Pesantren Krapyak,(b) Program Wajib,(c) Tenaga Pendidik yang Mahir.(4) sedangkan faktor yang menghambat yaitu: (a)Kurangnya tenaga pendidik, (b)Padatnya aktivitas di sekolah. Kata Kunci: Metode Sorogan, Literatur Berbahasa Arab, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jun 2013 16:50
Last Modified: 05 May 2017 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8402

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum