IMPLEMENTASI PEMANFAATAN INDIKATOR ALAMI UNTUK PRAKTIKUM KIMIA MATERI POKOK ASAM BASA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MA AL-MUTTAQIEN PANCASILA SAKTI KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH

DYAH SRI MAFTUHAH, NIM. 09670025 (2013) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN INDIKATOR ALAMI UNTUK PRAKTIKUM KIMIA MATERI POKOK ASAM BASA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MA AL-MUTTAQIEN PANCASILA SAKTI KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMANFAATAN INDIKATOR ALAMI UNTUK PRAKTIKUM KIMIA MATERI POKOK ASAM BASA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MA AL-MUTTAQIEN PANCASILA SAKTI KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMANFAATAN INDIKATOR ALAMI UNTUK PRAKTIKUM KIMIA MATERI POKOK ASAM BASA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MA AL-MUTTAQIEN PANCASILA SAKTI KABUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA MA Al-Muttaqien Pancasila Sakti. Peningkatan tersebut diupayakan melalui pemanfaatan indikator alami untuk praktikum kimia asam basa dalam pembelajaran kimia di MA Al-Muttaqien Pancasila Sakti Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan Classroon Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPA MA Al-Muttaqien Pancasila Sakti. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data keaktifan peserta didik yang ditinjau dari penilaian aspek psikomotor dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang diperoleh dari lembar observasi. Pemahaman konsep peserta didik diperoleh dari nilai pre-test dan post-test pada siklus 1 dan 2. Data keaktifan yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek keaktifan. Sementara itu, data pemahaman konsep peserta didik ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan pemahaman konsep diketahui dari nilai effect size antar siklus yaitu selisih antara nilai post-test siklus 2 dengan nilai rerata post-test siklus 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan indikator alami untuk praktikum kimia dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA. Peningkatan keaktifan peserta didik ditunjukkan oleh kenaikan skor keaktifan yang ditinjau dari aspek penilaian psikomotor peserta didik meningkat sebesar 14, 58% pada siklus 2 dan kenaikan skor keaktifan dalam proses pembelajaran meningkat sebesar 4,74% pada siklus 2. Sementara itu, peningkatan pemahaman konsep peserta didik ditunjukkan dengan adanya nilai effect size antara siklus 1 dan siklus 2, yaitu sebesar 1,1. Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, indikator alami, praktikum kimia, keaktifan, pemahaman konsep, asam basa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jun 2013 22:26
Last Modified: 22 Feb 2016 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8414

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum