PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS CLOCK REACTION TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK BUFFER DAN HIDROLISIS GARAM PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 DOLOPO MADIUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

HAYATUNNUPUS, NIM. 06670023 (2013) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS CLOCK REACTION TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK BUFFER DAN HIDROLISIS GARAM PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 DOLOPO MADIUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS CLOCK REACTION TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK BUFFER DAN HIDROLISIS GARAM PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 DOLOPO MADIUN TAHUN PELAJARA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (38MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS CLOCK REACTION TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK BUFFER DAN HIDROLISIS GARAM PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 DOLOPO MADIUN TAHUN PELAJARA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh penggunaan buku petunjuk praktikum kimia berbasis clock reaction terhadap peningkatan hasil dan motivasi belajar kimia pada materi pokok buffer dan hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 1 Dolopo Madiun tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik ujian menggunakan instrumen tes berupa soal objektif pilihan ganda, teknik nonujian menggunakan instrumen berupa skala motivasi dan pedoman observasi keterlaksanaan RPP. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku petunjuk praktikum kimia berbasis clock reaction memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil dan motivasi belajar kimia peserta didik. Hasil uji t diperoleh bahwa hasil dan motivasi belajar keduanya memiliki nilai signifikansi dari uji dua pihak dengan membandingkan nilai t hitung dengan t tabel pada a=5% dan taraf kepercayaan 95% yaitu 4,661 > 1,672 dan 3,741 > 1,672, maka Ho ditolak berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil dan motivasi belajar dari kedua sampel. Hasil uji One Way Anova diperoleh bahwa hasil dan motivasi belajar keduanya memiliki nilai signifikansi dengan membandingkan nilai F pada a=5% dengan taraf kepercayaann 95% yaitu 21,728 > 4,01 dan 13,997 > 4,01, maka Ho ditolak berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari hitung dengan F tabel penggunaan buku petunjuk praktikum kimia berbasis clock reaction terhadap peningkatan hasil dan motivasi belajar kimia peserta didik. Kata kunci : Eksperimen kuasi, buku petunjuk praktikum kimia, clock reaction, hasil belajar, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jun 2013 22:31
Last Modified: 22 Feb 2016 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8416

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum