TEKNIK BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN D.I YOGYAKARTA

ANISA SALSABILA , NIM. 09220006 (2013) TEKNIK BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN D.I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TEKNIK BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN D.I YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH INKLUSI MADRASAH ALIYAH NEGERI MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN D.I YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

Anisa Salsabila, Teknik Bimbingan Belajar Bagi Siswa Tunanetra Di Sekolah Inklusi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Maguwoharjo Depok Sleman D.I Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini membahas tentang pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang sudah mengikuti sistem pendidikan sekolah umum disebut dengan sekolah inklusi. Dimana anak difabel memiliki hak yang sama dalam menempuh jenjang pendidikan bersama anak normal lainya. Namun dalam pelaksanaanya tentu saja tidak mudah, karena sekolah harus menyediakan fasilitas dan tenaga ahli yang menjangkau anak difabel khusunya pada saat kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk teknik bimbingan belajar yang diterapkan oleh pembimbing fokus pada siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas XI, wali kelas dan guru pendamping khusus yang membantu dalam bimbingan belajar. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dimana data yang terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga menggambarkan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk teknik bimbingan belajar Bagi siswa tunanetra di sekolah inklusi Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Depok Sleman D.I Yogyakarta menggunakan teknik ceramah, penugasan, tanya jawab, simulasi, diskusi, kerja kelompok, dan karya wisata dibimbing oleh guru mata pelajaran atau wali kelas. Selain itu kegiatan bimbingan belajar siswa tunanetra juga di dampingi oleh guru pendamping khusus yang bertugas sebagai penterjemah huruf braille dan sebagai perantara dari siswa kepada guru mata pelajaran atau wali kelas ketika mengalami kesulitan. Keywords : Bimbingan belajar, siswa tunanetra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2013 18:16
Last Modified: 30 Oct 2015 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum