BIMBINGAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB NEGERI 1 BANTUL

FERNIATI, NIM. 09220062 (2013) BIMBINGAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB NEGERI 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB NEGERI 1 BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB NEGERI 1 BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)

Abstract

Judul yang peneliti angkat disini yaitu “Bimbingan Agama Islam pada Anak Tunadaksa SLB Negeri 1 Bantul”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan Agama Islam SLB Negeri 1 Bantul. Sedangkan manfaat penelitian ini secara teoritis dapat berguna untuk menambah khasanah keilmuan, mengembangkan ilmu Bimbingan Konseling Islam, terutama terkait dengan bimbingan agama Islam khususnya untuk anak tunadaksa. Adapun manfaat secara praktisnya penelitian ini bermanfaat untuk membantu memberikan wawasan keilmuan bagi kemajuan guru pembimbing agama SLB Negeri 1 Bantul, dalam memberikan bimbingan agama terhadap anak tunadaksa, serta memberikan wawasan keilmuan pada dunia ilmu pengetahuan khususnya di bidang keagamaan dan memberikan informasi kepada para pembaca. Subyek dalam Penelitian ini adalah kepala sekolah, siswa, orang tua, guru atau pembimbing Agama Islam di SLB Negeri 1 Bantul. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan analisis diskreptif kualitatif. Adapun langkahnya adalah peneliti mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, kemudian data itu di analisa dan dijelaskan sesuai dengan fakta yang ada. Hasil penelitian ini diketahui tentang pelaksanaan Bimbingan Agama Islam di SLB Negeri 1 Bantul. Dalam pelaksanaan Bimbingan Agama Islam di mulai dari perencanaan yang terdiri dari tujuan dan rancangan aktivitas yaitu identifikasi masalah, analisis kebutuhan, merumuskan alternatif, strategi pemecahan masalah, pelaksanaan yang terdiri dari layanan pengumpulan data yaitu kondisi fisik, kondisi psikis, keadaan keluarga, hubungan sosial dan layanan Bimbingan Agama Islam yaitu layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan, layanan pembelajaran, layanan bimbingan kelompok. Evaluasi yang terdiri dari evaluasi proses dan evaluasi hasil. Dari proses pelaksanaan Bimbingan Agama Islam di atas yang paling dominan yaitu dalam hal praktek ibadah yang dilakukan oleh anak tunadaksa, pembimbing yang memberikan materi sesuai dengan kurikulum. Pembimbing menyampaikan materi sesuai dengan kemampuan siswa. Walaupun kadang pelaksanaan tersebut ada kendalanya tetapi tidak dapat ditinggalkan begitu saja dalam proses bimbingan. Yang membedakan antara bimbingan yang digunakan pada siswa normal dan siswa tunadaksa terletak pada pelaksanaannya. Kata Kunci: Bimbingan Agama Islam, Tunadaksa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2013 18:21
Last Modified: 30 Oct 2015 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8451

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum