PENGEMBANGAN PENILAIAN UNJUK KERJA BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI FISIKA SMP/MTs POKOK BAHASAN SUHU DAN PEMUAIAN

ARUM NURUL HIDAYAH, NIM. 08690081 (2013) PENGEMBANGAN PENILAIAN UNJUK KERJA BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI FISIKA SMP/MTs POKOK BAHASAN SUHU DAN PEMUAIAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PENILAIAN UNJUK KERJA BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI FISIKA SMP/MTs POKOK BAHASAN SUHU DAN PEMUAIAN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PENILAIAN UNJUK KERJA BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI FISIKA SMP/MTs POKOK BAHASAN SUHU DAN PEMUAIAN )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan instrumen yang berupa lembar penilaian unjuk kerja berbasis pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA (Fisika) untuk siswa menengah pertama pada materi suhu dan pemuaian yang digunakan sebagai bentuk penilaian; 2) menguji kualitas produk melalui para ahli dan guru IPA (fisika) SMP/MTs untuk menentukan kelayakan dari produk yang dibuat; 3) memvalidasi instrumen penilaian yang dilakukan melalui uji ahli dan validitas empiris. Validitas empiris dilakukan dengan analisis korelasi antara skor butir dengan skor total menggunakan korelasi product moment, sedangkan penentuan reliabilitas menggunakan formula alpha Cronbach. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model 4-D. Pengembangan model ini terdiri dari 4 tahap (model 4-D), yaitu melalui tahap pendefinisian (define) yang merupakan tahapan awal, tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli serta angket penilaian kualitas untuk para ahli dan guru IPA (fisika) SMP/MTs. Hasil penelitian berupa 1) instrumen penilaian unjuk kerja berbasis pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA (Fisika) untuk siswa menengah pertama pada materi suhu dan pemuaian; 2) penilaian kualitas produk yang dilakukan oleh para ahli dan guru masing-masing secara keseluruhan sebesar 85,44% dan 69,50% dari skor ideal; 3) validasi oleh para ahli dinyatakan bahwa instrumen penilaian ini layak digunakan sebagai bentuk penilaian, sedangkan dalam validasi empiris dinyatakan valid (signifikan). Penentuan reliabilitas dengan formula alpha Cronbach dilakukan dalam dua kali pengujian untuk dua kegiatan percobaan pada dua sekolah. Hasil yang diperoleh dalam pengujian pertama didapatkan nilai masing-masing sebesar 0,644 dan 0,623. Dan pengujian kedua didapatkan nilai masing-masing sebesar 0,770 dan 0,707. Secara keseluruhan hasil tersebut dikategorikan bahwa instrumen penilaian unjuk kerja ini reliabel. Analisis data untuk validitas empiris dan reliabilitas dari produk yang berupa penilaian unjuk kerja, digunakan dengan perhitungan program SPSS versi 16.00. Hasil yang diperoleh secara keseluruhan dalam penelitian pengembangan ini bahwa instrumen penilaian unjuk kerja dikatakan valid dan reliabel sebagai bentuk penilaian. Kata Kunci: Penilaian unjuk kerja, Inkuiri, Pembelajaran fisika,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2013 18:25
Last Modified: 02 Feb 2016 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum