PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMK KELOMPOK TEKNOLOGI KELAS X MATERI POKOK MATERI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E

AFIFAH SAFIYULLOH ROMADLONI, NIM. 09670012 (2013) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMK KELOMPOK TEKNOLOGI KELAS X MATERI POKOK MATERI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMK KELOMPOK TEKNOLOGI KELAS X MATERI POKOK MATERI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMK KELOMPOK TEKNOLOGI KELAS X MATERI POKOK MATERI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan karakteristik produk, serta mengetahui kualitas modul kimia untuk SMK/MAK kelompok Teknologi kelas X materi pokok Materi dan Perubahannya dengan model learning cycle 5E. Kualitas modul didasarkan pada penilaian 3 pendidik kimia adaptif SMK kelompok Teknologi dan respon dari 15 peserta didik SMK kelompok Teknologi kelas X. Pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini menggunakan lima tahapan yaitu Analysis, Design, Develop, Implement & Evaluate, namun tahap Implement & Evaluate tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk modul kimia ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli media dan ahli materi, serta tiga orang peer reviewers. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu 3 pendidik kimia adaptif SMK kelompok Teknologi serta 15 peserta didik SMK kelompok Teknologi kelas X. Instrumen yang digunakan berupa lembar check list. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif diubah menjadi data kuantitatif. Untuk mengetahui kualitas modul, data diubah menjadi data kualitatif skala lima dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas modul kimia yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul kimia yang dikembangkan menurut penilaian 3 pendidik kimia adaptif SMK kelompok Teknologi memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 92,16%, sedangkan menurut respon 15 peserta didik SMK kelompok Teknologi kelas X modul yang dikembangkan memperoleh persentase keidealan sebesar 98%. Kata Kunci: modul kimia, SMK kelompok Teknologi, materi dan perubahannya, dan model learning cycle 5E

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2013 19:57
Last Modified: 17 Mar 2016 17:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8492

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum