PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS X YANG MENGGUNAKAN MODEL IQRA’ DAN INKUIRI TERMODIFIKASI (MODIFIED INQUIRY) DI MAN YOGYAKARTA III

SYARAH, NIM. 08690012 (2013) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS X YANG MENGGUNAKAN MODEL IQRA’ DAN INKUIRI TERMODIFIKASI (MODIFIED INQUIRY) DI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS X YANG MENGGUNAKAN MODEL IQRA’ DAN INKUIRI TERMODIFIKASI (MODIFIED INQUIRY) DI MAN YOGYAKARTA III )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS X YANG MENGGUNAKAN MODEL IQRA’ DAN INKUIRI TERMODIFIKASI (MODIFIED INQUIRY) DI MAN YOGYAKARTA III )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar Fisika siswa yang menggunakan model Iqra’ dan Inkuiri Termodifikasi (Modified Inquiry); (2) perbedaan karakter religius siswa yang menggunakan model Iqra’ dan Inkuiri Termodifikasi (Modified Inquiry). Penelitian ini termasuk jenis eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian perbandingan kelompok statis. Populasi penelitian yakni siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta III yang terdiri dari 7 kelas. Dari 7 kelas terpilih 2 kelas sebagai sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Kelas eksperimen-1 menggunakan model pembelajaran Iqra’ dan kelas eksperimen-2 menggunakan model Inkuiri Termodifikasi (Modified Inquiry). Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah dengan memberikan posttest berupa soal tes dan skala untuk memperoleh data prestasi belajar Fisika dan karakter religius siswa. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t sampel independen dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa untuk prestasi belajar Fisika siswa t hitung yang diperoleh lebih kecil dari t tabel 0,49 < 2,00) maka H diterima dan H ditolak dengan nilai rata-rata kelas eksperimen-1 48,16 dan kelas eksperimen-2 46,11. Untuk data karakter religius siswa, harga t a yang diperoleh lebih besar dari t tabel (3,49 > 2,00), maka H o ditolak dan H a hitung diterima dengan nilai rata-rata kelas eksperimen-1 80,18 dan kelas eksperimen-2 74,98. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar Fisika siswa yang menggunakan model Iqra’ dan Inkuiri Termodifikasi (Modified Inquiry); (2) Terdapat perbedaan karakter religius siswa yang menggunakan model Iqra’ dan Inkuiri Termodifikasi (Modified Inquiry). Kata kunci: Prestasi Belajar Fisika, Karakter Religius, Model Iqra’, dan Inkuiri Termodifikasi (Modified Inquiry).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2013 16:10
Last Modified: 02 Feb 2016 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8515

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum