PENGARUH METODE BERCERITA PADA PEMBELAJARAN QUR’AN HADIS DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA MAGUAN KALIORI REMBANG

ANNISA NURUL HIDAYATI, NIM. 09480064 (2013) PENGARUH METODE BERCERITA PADA PEMBELAJARAN QUR’AN HADIS DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA MAGUAN KALIORI REMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA .

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE BERCERITA PADA PEMBELAJARAN QUR’AN HADIS DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA MAGUAN KALIORI REMBANG )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE BERCERITA PADA PEMBELAJARAN QUR’AN HADIS DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA MAGUAN KALIORI REMBANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode bercerita pada pembelajaran Qur’an Hadis siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda, untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita dalam pembelajaran Qur’an Hadis dalam pembentukan sikap siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda, untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita dalam pembelajaran Qur’an Hadis dalam pembentukan perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif. Penentuan subyek penelitian terbagi menjadi dua bagian yaitu data primer dan data skunder, data primer: pengambilan data seluruh siswa kelas IV dan V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Maguan Kaliori Rembang melalui penyebaran angket, wawancara, dan observasi. Data skunder: data yang diperoleh dari catatan-catatan lapangan oleh peniliti berupa dokumen. Kesimpulannya adalah: 1) Penguasaan metode cerita dapat dikategorikan baik karena nilai rata-ratanya mencapai kelas IV dengan nilai rata-rata sebesar 71 dan kelas V sebesar 65,55. Pemilihan kelas IV dan V dikarenakan agar lebih mengetahui perbedaan pengaruh dari metode bercerita 2) Dari analisa kuantitatif dan kualitatif dapat dikatakan bahwa sikap para siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda dapat dikategorikan baik hal ini terbukti dari hasil perhitungan melalui regresi linier sederhana yakni sikap bernilai Y = 5,720 + 0,294X hal ini berarti bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap pembentukan sikap. Akan tetapi berdasarkan pada signifikansi metode bercerita tidak berpengaruh terhadap pembentukan sikap. Sedangkan untuk siswa kelas IV sedangkan untuk siswa kelas V Y = 1,734 + 0,799X hal ini berarti bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap pembentukan sikap siswa kelas V. Akan tetapi berdasarkan pada signifikansi metode bercerita tidak berpengaruh terhadap pembentukan sikap. 3) Kemudian dilihat dari pembentukan perilaku kelas IV sebesar Y = 11.175 - 0,495X hal ini berarti bahwa metode bercerita berpengaruh terhadapat pembentukan perilaku siswa kelas IV Sedangkan untuk kelas V sebesar Y = 4,695 + 0,298X. Hal ini dapat diartikan perilaku bernilai positif yaitu 4,695 hal ini juga berarti metode bercerita berpengaruh terhadap pembentukan perilaku. Akan tetapi berdasarkan signifikansi baik kelas IV maupun kelas V metode cerita tidak signifikan terhadap pembentukan perilaku siswa. Kata Kunci : Penerapan Metode Bercerita, Sikap, Perilaku, Pembelajaran Qur’an hadis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2013 17:24
Last Modified: 24 Jan 2017 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum