PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AL-MAHALLI BANTUL YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DENGAN YANG TINGGAL DI LUAR PESANTREN)

WAHID KHOIRUL ANAM, NIM. 09470055 (2013) PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AL-MAHALLI BANTUL YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DENGAN YANG TINGGAL DI LUAR PESANTREN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AL-MAHALLI BANTUL YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DENGAN YANG TINGGAL DI LUAR PESANTREN) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs AL-MAHALLI BANTUL YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI SISWA YANG TINGGAL DI PESANTREN DENGAN YANG TINGGAL DI LUAR PESANTREN) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya prestasi belajar untuk dipermasalahkan. Prestasi belajar menjadi sangat penting untuk dipermasalahkan karena dapat dijadikan sebagai indikator kecerdasan siswa, indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai siswa, serta menjadi indikator intern dan ekstern dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu, latar belakang mengapa penulis melakukan penelitian di MTs Al-Mahalli Bantul Yogyakarta, dikarenakan madrasah ini mempunyai beberapa perbedaan dengan lembaga-lembaga madrasah lainya. Salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah terletak pada inputnya. Awalnya siswa-siswa yang masuk di MTs Al-Mahalli adalah siswa-siswa yang berstatus buangan, atau lebih tepatnya mereka yang dikeluarkan dari lembaga sekolah lain yang disebabkan faktor kenakalan. Pada saat ini kebiasaan tersebut telah berubah, dimana MTs Al-Mahalli tidak lagi dijadikan sebagai madrasah untuk menampung siswa-siswa buangan akan tetapi sudah menjadi lembaga madrasah yang benar-benar diakui eksistensinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Al-Mahalli Bantul Yogyakarta yang tinggal di pesantren dan yang tinggal di luar pesantren, serta mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pesantren dengan yang tinggal di luar pesantren. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Adapun subyek penelitianya adalah siswa kelas VIII MTs Al-Mahalli Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui data prestasi belajar siswa, serta untuk melengkapi data yang diperlukan dalam penelitian. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui keadaan MTs AlMahalli Bantul Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis chi kuadrat. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren dan yang tinggal di luar pesantren. Analisis chi kuadrat digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa antara yang tinggal di pesantren dengan yang tinggal di luar pesantren. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1. prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren cenderung berada pada rangking tinggi, yang berarti bahwa siswa-siswa yang tinggal di pesantren prestasinya tergolong baik. 2. prestasi belajar siswa yang tinggal di luar pesantren cenderung rendah, yang berarti bahwa siswa-siswa yang tinggal di luar pesantren prestasinya kurang baik. 3. Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang bertempat tinggal di pesantren dengan siswa yang bertempat tinggal diluar pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 16:07
Last Modified: 24 Aug 2018 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum