NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL

SITI NURKASANAH, NIM. 08410187 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KASIHAN BANTUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa masalah korupsi menjadi salah satu problem kronis bangsa yang saat ini sedang membutuhkan upaya penyelesaian secara mendesak. Untuk mengatasi hal tersebut, pendidikan ditempatkan pada posisi yang strategis. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan untuk menerapkan Pendidikan Antikorupsi dalam kurikulum sekolah sebagai salah satu upaya pencegahan di tengah menjamurnya praktik korupsi di Indonesia. SMA Negeri 1 Kasihan Bantul menjadi salah satu sekolah yang tengah mengupayakan integrasi pendidikan antikorupsi ke dalam kurikulumnya, khususnya pada mata pelajaran PAI dan PKn. Yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk integrasi pendidikan antikorupsi dalam kurikulum PAI di SMA Negeri 1 Kasihan Bantul, bagaimana implementasinya dalam pembelajaran, apa saja faktor pendukung dan penghambatnya, dan bagaimana bentuk evaluasi serta hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilainilai antikorupsi yang terkandung dalam kurikulum PAI, bagaimana implementasinya dalam pembelajaran di kelas, apa saja faktor pendukung dan penghambatnya dan bagaimana bentuk evaluasi serta sejauh mana hasil yang dapat dicapai dari upaya tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Kasihan Bantul. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, para guru khususnya guru PAI, dan siswa SMA Negeri 1 Kasihan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai antikorupsi yang terkandung dalam kurikulum PAI di SMA Negeri 1 Kasihan adalah kejujuran, keadilan, tanggung jawab, kedisiplinan, kerja keras, peduli, berani, sederhana, dan mandiri. (3) Implementasi nilai-nilai antikorupsi dalam pembelajaran dilakukan dengan menekankan nilai-nilai tersebut ketika menjelaskan muatan Pendidikan Agama Islam, juga dengan memberikan wawasan terkait materi-materi antikorupsi kepada peserta didik di sela-sela materi pembelajaran sebagai pengantar atau bahkan sebagai ulasan dan kesimpulan dari materi pokok yang relevan. Integrasi nilai-nilai antikorupsi dalam PAI bersifat hidden curriculum (kurikulum tersembunyi), sehingga termasuk di dalamnya adalah nilai keteladanan, sikap, dan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 16:10
Last Modified: 24 Aug 2018 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8616

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum