INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA I

RINA MURNIKA, NIM. 09480079 (2013) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA I)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA I)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V MIN Yogyakarta I. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V MIN Yogyakarta I. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan melalui pola berpikir induktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi melalui dua modus yaitu dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan keadaan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang lain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA kelas V MIN Yogyakarta I yaitu, guru mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, serta evaluasi pembelajaran. Namun dalam proses perencanaannya guru belum mengintegrasikan nilai-nilai karakter di dalamnya. Maka proses integrasi nilainilai karakter, khususnya dalam pembelajaran IPA kelas V MIN Yogyakarta I belum terlaksana dengan baik. (2) Faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA: (a) Faktor guru, meliputi pelaksanaan pembelajaran yang sudah cukup maksimal, metode yang digunakan dalam proses pembelajaran cukup menarik. (b) Faktor sarana dan prasarana. (c) Faktor siswa, meliputi motivasi siswa yang stabil, teman bermain yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: (a) Faktor guru, meliputi pengawasan guru belum maksimal, guru tidak fokus dikelas, metode pembelajaran cenderung monoton. (b) Faktor Siswa, meliputi kesadaran siswa untuk belajar masih belum maksimal, pengaruh teman bermain. (c) Faktor Keluarga. Kata Kunci : Pembelajaran IPA SD/MI, Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 17:41
Last Modified: 31 Jan 2017 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8635

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum