UPAYA MADRASAH MEMBANGUN HARD DAN SOFT SKILLS SISWA DALAM KESIAPSIAGAAN TERHADAP BENCANA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA

NINDYA RACHMAN PRANAJATI, NIM. 09480017 (2013) UPAYA MADRASAH MEMBANGUN HARD DAN SOFT SKILLS SISWA DALAM KESIAPSIAGAAN TERHADAP BENCANA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MADRASAH MEMBANGUN HARD DAN SOFT SKILLS SISWA DALAM KESIAPSIAGAAN TERHADAP BENCANA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MADRASAH MEMBANGUN HARD DAN SOFT SKILLS SISWA DALAM KESIAPSIAGAAN TERHADAP BENCANA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah keadaan alam dan geografis Indonesia yang rentan terhadap bencana alam serta kesiapsiagaan masyarakat yang masih minim, sehingga diperlukan penyadaran akan hal kesiapsiagaan untuk mengurangi resiko terhadap bencana yang terjadi, salah satunya melalui pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya madrasah dalam membangun hard dan soft skills siswa untuk kesiapsiagaan terhadap bencana. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data ini mengunakan teknik triangulasi, member check, dan menambah referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya yang dilakukan oleh madrasah dalam membangun hard dan soft skills siswa untuk kesiapsiagaan terhadap bencana melalui kebijakan strategis kepala madrasah, kegiatan pembelajaran intrakurikuler, ekstrakurikuler, pembiasaan, dan melalui kerja sama dengan pihak terkait dengan kebencanaan. Dalam kegiatan intrakurikuler, soft skills siswa dalam hal pengetahuan dasar menghadapi bencana, kepedulian sosial, sikap terhadap alam, dibangun melalui pembelajaran dengan metode ceramah interaktif, diskusi, pelatihan yang memanfaatkan sarana perpustakaan dan UKS sebagai sumbernya. Untuk pembelajaran, sifatnya terintegrasi dalam mata pelajaran yang ada. Dalam kegiatan ekstrakurikuler, upaya membangun hard skills siswa diintegrasikan dengan materi kegiatan praktik langsung dalam simulasi bencana yang diadakan rutin dan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Selain itu juga adanya pelatihan dari Pembina UKS, PMI, dan Puskesmas. Dalam kegiatan pembiasaan, kebijakan kepala madrasah melalui kegiatan sehari-hari menjadikan tertanamnya budaya kesiapsiagaan yang berkelanjutan. Faktor pendukung diantaranya; motivasi dan semangat sumber daya manusia (guru), apresiasi dan dukungan dari pihak dalam madrasah, instansi pemerintahan daerah, nasional, dan organisasi internasional. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya; kemampuan siswa yang beragam dalam meneerima materi pendidikan kesiapsiagaan, ketika terjadi pasang surut motivasi dari guru, serta perlu adanya penambahan dan perbaikan fasilitas yang mendukung untuk mengurangi resiko bencana. Kata kunci: Membangun hard dan soft skills siswa, kesiapsiagaan terhadap bencana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 17:45
Last Modified: 14 Feb 2017 15:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum