KONSEP PEMIKIRAN DONI KOESOEMA TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA DI ERA GLOBAL

KHARIS MAMSAAT, NIM. 09470057 (2013) KONSEP PEMIKIRAN DONI KOESOEMA TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA DI ERA GLOBAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PEMIKIRAN DONI KOESOEMA TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA DI ERA GLOBAL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PEMIKIRAN DONI KOESOEMA TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA DI ERA GLOBAL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa penerapan pendidikan karakter di era global seperti saat ini di ruang lingkup sekolah kian hari kian tenggelam. Rasa menghormati antar individu di dalam sekolah seolah-olah kini menjadi satu hal yang mahal. Tawuran, narkotika, pergaulan bebas, dan tindakan negatif lainnya akhir-akhir ini menjadi keprihatinan bersama. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk memaparkan penerapan pendidikan karakter bagi siswa di era global sehingga akan terbentuk siswa yang berkarakter positif; (2) untuk mengetahui unsur-unsur (cara) yang mampu membantu keberlangsungan penerapan pendidikan karakter bagi siswa di tengah arus global yang saat ini terjadi; (3) untuk mendeskripsikan begitu pentingnya pembentukan karakter siswa di tengah era global saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research). Jika dilihat dari sifatnya, penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yakni berusaha memaparkan data tentang suatu hal atau masalah dengan analisa dan intrepetasi yang tepat. Hasil penelitian ini adalah pertama, pendidikan karakter di setiap satuan pendidikan dalam pemikiran Doni Koesoema memerlukan metode dalam menerapkannya yakni dengan menggunakan metode efektif dan metode integral penerapan pendidikan karakter. Dengan metode ini menurut Doni Koesoema, peserta didik akan terbentuk sifat-sifat integritas di tengah era global. Sifat integritas ini akan mampu menciptakan kondisi kondusif dalam lingkup satuan pendidikan sehingga terbentuk dalam diri siswa tindakan edukatif. Tindakan edukatif ini ke depan akan berpengaruh terhadap terbentuknya siswa yang menurut Doni Koesoema disebut sifat insan berkeutamaan. Di samping itu, penerapan program-program pendidikan karakter di dalam lembaga pendidikan itu mesti menyertakan dimensi praktis, berupa struktur, program, atau organisasi sekolah yang lebih konkrit sehingga pendidikan karakter benar-benar menjadi kebijakan praktis dalam setiap lembaga pendidikan. Kedua, dasar dalam penerapan pendidikan karakter di setiap sekolah memuat tujuan, kurikulum, pendidik, dan siswa. Masing-masing unsur ini memiliki peran dalam pendidikan karakter, sehingga perlu untuk dilakukan upaya integrasi sebelum dan sesudah perencanaan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam merencanakan dan menerapkan program-program pendidikan karakter. Selain itu, intensitas perjumpaan antara pendidik dengan siswa harus dilakukan secara seimbang, karena dengan intensitas perjumpaan ini akan mampu membentuk karakter siswa seperti karakter yang ditunjukkan dari pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 20:59
Last Modified: 28 Jul 2017 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum