UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS Al-QUR’AN DI MI DARUL HUDA BANTUREJO NGAGLIK SLEMAN

NUR AENNI, NIM. 09480078 (2013) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS Al-QUR’AN DI MI DARUL HUDA BANTUREJO NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS Al-QUR’AN DI MI DARUL HUDA BANTUREJO NGAGLIK SLEMAN )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS Al-QUR’AN DI MI DARUL HUDA BANTUREJO NGAGLIK SLEMAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa dan upaya apa saja yang dilakukan guru untuk meningkatkan baca tulis Al-Qur’an, bagaimana pelaksanaannya, dan faktor-faktor apa saja yang menghambat proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis dikelas I, II dan III Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Banturejo, Ngaglik, Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an dan untuk mengetahui secara mendalam tentang upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru Qur’an Hadis untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru dalam meningkatkan upaya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pendekatan ini juga mengunakan logika berfikir induktif, di mana penelitian ini memiliki karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya dengan tidak merubah bentuk simbol atau bilangan karena metode penelitian ini tidak menggunakan data statistik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa guru berupaya dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an yaitu dengan memberikan pengajaran Extra BTAQ, tadarus surat-surat pendek, pemberian hadiah, dan menyediakan sarana dan prasarana. Dengan hasil dari upaya tersebut nilai siswa dari tiga tahun terakhir meningkat. Faktor pendukung adanya fasilitas dari sekolah, sarana yang memadai, minat siswa yang bersemangat, adanya pemberian nilai plus pada anak yang rajin. Faktor penghambat suasana kelas yang kurang kondusif, pola belajar dalam keluarga. Kata Kunci: Upaya, Peningkatan, Baca Tulis Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jul 2013 21:45
Last Modified: 14 Feb 2017 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum