NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “HAFALAN SHALAT DELISA” KARYA TERE-LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN FIQIH DI MI

SITI SAADATUL MUJAHIDAH, NIM. 09480047 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “HAFALAN SHALAT DELISA” KARYA TERE-LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN FIQIH DI MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “HAFALAN SHALAT DELISA” KARYA TERE-LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN FIQIH DI MI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “HAFALAN SHALAT DELISA” KARYA TERE-LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN FIQIH DI MI)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya asumsi yang menyatakan bahwa peran sastra tidak hanya menjadi sebuah seni yang hanya dapat menghibur saja, namun juga dapat menjadi salah satu sarana untuk mendidik. Perkembangan dunia mengarah pada perkembangan dunia pendidikan untuk dapat lebih kreatif dalam menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran. Permasalahan pendidikak karakter merupakan hal yang sangat penting untuk dibicaran, sehingga antara peran media pendidikan dan pendidikan karakter tersebut dapat saling berkesinambungan dan berperan satu sama lain. Oleh karena itu, kajian terhadap karya sastra yang berupa novel dapat dijadikan salah satu alternatif. Novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere-Liye merupakan salah satu novel religi yang sarat akan nilai-nilai pendidikan di dalamnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai Pendidikan Karakter apa saja yang terkandung dalam Novel Hafalan Shalat Delisa dan bagaimana relevansinya dengan pembelajaran Fiqih di MI. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan media pendidikan melalui karya sastra. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan prgamatik dan pendekatan objektif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan motode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis semiotik, dengan fokus yang dibahas dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terkadung dalam Novel Hafalan Shalat Delisa dan Relevansinya dengan pembelajaran Fiqih di MI. Subyek dalam penelitian ini adalah Novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere-Liye. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terkandung dalam Novel Hafalan Shalat Delisa adalah: nilai religius, nilai religius yang ditemukan dalam Novel Hafalan Shalat Delisa dalam bentuk ikhlas, senantiasa mengingat Allah, dan mengerjakan shalat; sabar; nilai kejujuran; nilai toleransi; nilai disiplin; nilai kerja keras, ditemukan nilai kerja keras dalam bentuk optimis dan pantang menyerah; bersahabat/komunikatif; nilai peduli sosial; tanggung jawab; rasa ingin tahu; kraeatif; dan mandiri serta peduli lingkungan. (2) Terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Hafalan Shalat Delisa dengan pembelajaran Fiqih di MI, meliputi komponen pendidikan berikut: Pendidik, Peserta didik, Metode dan Materi. Kata kunci: Pendidikan, Karakter, Nilai, Relevansi,Pembelajan, Fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2013 16:32
Last Modified: 14 Feb 2017 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8653

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum