PERAN PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI WONOKROMO PLERET BANTUL

MUHAMMAD ASROFI , NIM. 09480001 (2013) PERAN PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI WONOKROMO PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI WONOKROMO PLERET BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI WONOKROMO PLERET BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

Pondok pesantren salah satu lembaga pendidikan non formal yang ikut serta dalam mewujudkan manusia yang sempurna, manusia yang utuh rohani dan jasmani, dapat hidup berkembang secara wajar dan normal karena ketaqwaan kepada Allah, berguna bagi diri dan masyarakat, bersahabat dengan Alam semesta untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Tujuan pendidikan pesantren adalah mendidik manusia yang mandiri berakhlakul karimah serta bertaqwa. Maka dari tema yang diangkat dalam penelitian ini adalah Peran Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Santri Di Wonokromo Pleret Bantul. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan. Dalam mengumpulkan data, menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan membuat kategori dari makna yang terdapat dalam data, mencari dan menemukan pola atau hubungan-hubungan dan membuat temuan-temuan umum melalui penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu Peran Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Santri Di Wonokromo Pleret Bantul melalui kegiatan pendidikannya meliputi kelas awaliyah, kelas wustho dan ulya dan didukung program-program yang ada. Adapun meningkatkan karakter santri adalah dengan metode keteladanan, kedisplinan, nasehat, pengawasan dan ta’zir. Sedangkan nilai pendidikan karakter santri meliputi religius, kejujuran, toleransi, disiplin dan kreatif. Faktor pendukung dalam meningkatkan karakter santri tersebut, antara lain: Bapak KH Katib Masyhudi, sebagai top leader lebih bersifat terbuka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, mayoritas tenaga pengajarnya (ustadz-ustadzah) juga berpendidikan, adanya dukungan dari berbagai pihak, adanya fasilitas dan tempat yang memadai dan kondusif, antusiasme para santri dalam mengikuti setiap program kegiatan sangat baik. Sedangkan faktor yang menghambatnya di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh antara lain: Keberagaman sifat, watak dan kebisaaan para santri, kurangnya kesadaran dari para santri untuk melaksanakan segala sesuatu dengan hati yang ikhlas, timbulnya persepsi masyarakat yang bermaca-macam, kurangnya pengetahuan dari mayoritas ustadz/dzah terhadap metode-metode pembelajarannya. Adapun saran yang penulis berikan yaitu, Pengasuh sebagai top leader lebih bersifat terbuka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Dan membuka kesempatan pada santrinya untuk mengembangkan bakatnya melalui pendidikan ketrampilan dan minat, bakat. Kata Kunci : Pendidikan Pondok Pesantren, Menanamkan Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2013 17:10
Last Modified: 27 Jan 2017 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum