IMPLEMENTASI KURIKULUM BERMODIFIKASI PADA MATA PELAJARANBAHASA ARAB KELAS TAKHASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA

MAULANA CHOIRUL AZIZ, NIM. 09420108 (2013) IMPLEMENTASI KURIKULUM BERMODIFIKASI PADA MATA PELAJARANBAHASA ARAB KELAS TAKHASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM BERMODIFIKASI PADA MATA PELAJARANBAHASA ARAB KELAS TAKHASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM BERMODIFIKASI PADA MATA PELAJARANBAHASA ARAB KELAS TAKHASUS DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum yang di modifikasi, dan mengetahui problem apa saja yang di alami guru dan upaya mengimplementsikan kurikulum pada mata pelajaran bahasa Arab kelas takhasus di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif,dengan mengambil setting di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara,observasi,serta penelusuran dokumentasi. Teknik anallisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif analitik yaitu mendeskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Trianggulasi data. Hasil Penelitian ini menunjukan (1) Implementasi KurikulumBermodifikasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas Takhasus di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta belum optimal. Hal ini terbukti dengan beberapa indikator (a) Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakartaharus menyiapkan materi , tujuan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik (b)memisahkan implementasi modifikasi kurikulum pada kelas takhasusdengan kelas regular (c) dalam penyusunan dokumen kurikulum,penyusunan silabus,penyusunan RPP belum optimal (d) metode yang digunakan guru masih belum variatif masih menggunakan metode elektif. (2) HasilImplementasi KurikulumModifikasiyaitu : Cukup Baik , dengan memodifikasi kurikulum struktur kurikulum program Takhasus, guru Bahasa Arab Memodifikasi penyusunan silabus dan penyusunan RPP, pada prosespembelajaran terjadi modifikasi , hal ini untuk menunjang pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum, Modifikasi,Bahasa Arab, KelasTakhasus, Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2013 17:28
Last Modified: 27 Apr 2017 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8667

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum