PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF PETET KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013 (Tinjauan Metodologis)

ARIF SUPRAYITNO, NIM. 09420204 (2013) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF PETET KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013 (Tinjauan Metodologis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF PETET KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013 (Tinjauan Metodologis))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF PETET KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013 (Tinjauan Metodologis))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab di MI Ma‟arif Petet Kulonprogo dan mengetahui problematika metodologis dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Ma‟arif Petet Kulonprogo serta mengetahui solusi yang diberikan terhadap problematika metodologis dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Ma‟arif Petet Kulonprogo. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang berbentuk deskriptif analitis dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Subyek penelitian ini adalah siswa MI Ma‟arif Petet kulon Progo tahun ajaran 2012/2013 kelas IV, V dan VI yang berjumlah 25 siswa. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif – analitik, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MI Ma‟arif Petet Kulon progo masih menggunakan metode konvensional dengan tujuan membekali siswa agar dapat memiliki ketrampilan berbahasa. Buku yang digunakan ialah buku Ayo belajar berbahasa “ karangan agung wahyudi. Adapun evaluasi pembelajarannya dilaksanakan dengan cara memberikan tugas rumah, memberikan tugas kelompok, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Problematika metodologis dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Ma‟arif Petet ialah; pertama, metode yang digunakan masih metode pembelajaran konvesional, kurangnya variasi metode yang digunakan oleh guru dan ketidaksesuaian antara metode dan tujuan pembelajaran; Kedua, ketidaktahuan guru tentang metode, kurangnya penguasaan kelas serta lemahnya penguasaan materi oleh guru; ketiga, kurangnya motivasi dan minat yang dimiliki siswa dalam belajar serta lemahnya pengetahuan siswa tentang bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2013 18:04
Last Modified: 18 Apr 2017 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8680

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum