PROBLEM PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH TERPENCIL ( MTs Negeri Sidoharjo Kulon Progo )

ZAIN IRMA FITRIATI, NIM. 09410267 (2013) PROBLEM PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH TERPENCIL ( MTs Negeri Sidoharjo Kulon Progo ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEM PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH TERPENCIL ( MTs Negeri Sidoharjo Kulon Progo ))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROBLEM PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH TERPENCIL ( MTs Negeri Sidoharjo Kulon Progo ))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seharusnya penyelesaian problem pembelajaran adalah tugas bersama. Citra Yogyakarta sebagai kota pelajar atau kota pendidikan masih disandangnya hingga sekarang. Dalam rangka berperan serta untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia dan untuk mempertahankan Yogyakarta sebagai kota pelajar atau kota pendidikan. Pemerintah Yogyakarta mempunyai kewajiban membina dan mengembangkan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat secara keseluruhan, termasuk di wilayah terpencil. Namun kenyataannya Yogyakarta yang dikenal dengan kota pelajar atau kota pendidikan ternyata belum seideal yang dibayangkan orang sesuai dengan gambaran pada umumnya. Karena disisi lain masih terdapat madrasah yang terletak di daerah terpencil. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa guru yang mendapatkan gaji keterpencilan. Dengan segala keterbatasan dan problem yang ada, MTs Negeri Sidoharjo memiliki tujuan yakni membentuk peserta didik menjadi manusia yang berakhlak mulia serta mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Dalam rangka pencapaian tujuan tersebut tentu tidak terlepas dari berbagai problem atau permasalahan terkait dengan letak madrasah yang berada di wilayah perbukitan Menoreh yang jauh dari sarana pendukung seperti transportasi umum dan fasilitas umum lainnya. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana proses pembelajaran PAI di madrasah terpencil, mengungkap problem yang terjadi dan usaha penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MTs Negeri Sidoharjo Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: ( 1) Pelaksanaan pembelajaran PAI di MTs Negeri Sidoharjo Kulon Progo menggunakan KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang mana alokasi waktunya 40 menit per jpl. Metode yang digunakan cukup bervariasi, yakni ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi, demonstrasi. ( 2) Problem yang dihadapi dalam proses pembelajaran PAI diantaranya adalah ketersediaan sarana prasarana di wilayah terpencil, kemampuan penguasaan materi pelajaran, latar belakang lulusan siswa yang heterogen, minat dan motivasi, kurangnya perhatian orang tua dan lingkungan yang kurang mendukung pendalaman keagamaan. ( 3) Usaha yang dilakukan untuk mengatasi beberapa problem yang dihadapi diantaranya adalah memberi motivasi dan minat belajar siswa, melatih siswa menulis dan menyalin materi, menambah sumber belajar, penggunaan metode yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 15:56
Last Modified: 07 Aug 2018 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum