RELEVANSI PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

YEKTI UTAMI, NIM. 09410196 (2013) RELEVANSI PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa salah satu dari usaha pendidikan adalah adanya bimbingan dan konseling yang diharapkan mampu membantu, mendukung serta mengembangkan seluruh kemampuan serta seluruh kepribadian siswa. Salah satu bentuk kepribadian yang sulit untuk ditanamkan ialah karakterreligius. Karakter religius di SMA Negeri 1 Pengasih menjadi perhatian khusus di instansi pendidikan ini. Tata tertib dibuat sedemikian rupa, kegiatan-kegiatan dicanangkan dan diprogramkan untuk menunjang terwujudnyakarakter religius siswa yang baik. Namun, tidak sedikit siswa yang melanggar tata tertib dan tidak mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang relevansi program layanan bimbingan dan konseling dengan pengembangan karakter religius siswa. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah apa saja program layanan yang diberikan, bagaimana pengembangan karakter religius serta bagaimana relevansi antar keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang program dan pelaksanaannya juga pengembangan karakternya serta relevansi antar keduanya Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMA Negeri 1 Pengasih. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi serta angket sebagai penguat. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang diperoleh dan dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program layanan bimbingan dan konseling terbagi menjadi dua program yakni program pengembangan diri dan program tahunan. Program pengembangandiri merupakan program jangka menengah. Dalam pengembangan diri terdapat dua program yakni kegiatan terprogram dan kegiatan yang tidak terprogram. Program tahunan bisa juga disebut sebagai program jangka panjang. Program tahunan disusun untuk satu tahun ajaran. Dalam pelaksanaannya tidak semua program yang sudah disusun dapat terlaksana. (2) Pengembangan karakter religius, terdapat dua cakupan yakni pengembangan karakter kaitannya dengan Tuhan dan pengembangan karakter kaitannya dengan sesama. Pengembangan karakter kaitannya dengan Tuhan dilakukan melalui kegiatan keagamaan (sholat jum’at dan pesantren kilat serta kegiatan lainnya). Nilai karakter yang dikembangkan kaitannya dengan sesama ialah solidaritas, kerja sama, tenggang rasa, pemaaf, amanah, sabar, dan ikhlas. (3) Sebelum melihat relevansi antara program BK dengan pengembangan karakter religius, akan lebih baik jika melakukan evaluasi program. Apabila melihat evaluasi yang sudah dilakukan, dan dilihat dari pelaksanaan program yang terlaksana dapat dikatakan relevan, namun jika dilihat dari keseluruhan program yang disusun kurang menunjukkan bahwa program-program tersebut relevan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 16:01
Last Modified: 07 Aug 2018 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8705

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum