TINJAUAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA KELAS VIII MTs NEGERI SEYEGAN TAHUN AJARAN 2012/2013

CHIHENI KHUSDIYAH, NIM. 09420070 (2013) TINJAUAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA KELAS VIII MTs NEGERI SEYEGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA KELAS VIII MTs NEGERI SEYEGAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA KELAS VIII MTs NEGERI SEYEGAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan strategi pembelajaran apa saja yang digunakan oleh guru personal dalam menerapkan pembelajaran bahasa Arab berbasis kontekstual (CTL) dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa kelas VIII MTs Negeri Seyegan tahun ajaran 2013/2014 setelah guru menerapkan strategi pembelajaran yang berbasis kontelstual (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian utama yang bertujuan untuk memahami fenomena sosial melalui gambaran holistik dan memperbanyak pemahaman yang mendalam, yang membutuhkan kesesuaian antara teori dan praktek. Dan penelitian kuantitatif merupakan pelengkap untuk mencari data-data dengan menggunakan angka. Sumber data pada penelitian ini adalah Semua pihak MTs Negeri Seyegan yang berhubungan dengan penelitian ini yaitu Kepala sekolah, guru, siswa, staf karyawan, dan masyarakat sekitar yang dianggap perlu untuk diminati keterangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan data-data kualitatif. Analisis data menggunakan metode deskripsi deskripsi non statistik dan analisa statistik untuk dapat menarik kesimpulan dari hasil tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab berbasis kontekstual (contextual teaching and learning) pada kelas VIII MTs Negeri Seyegan tahun ajaran 2013/2014, yaitu menggunakan beberapa strategi yang berupa strategi khayalan visual (Imagine) diterapkan untuk pembelajaran materi al-Kitabah, strategi pembahasan poster (Poster Session) diterapkan untuk pembelajaran materi al-Kalam, strategi membaca keras (Reading Aloud) diterapkan untuk pembelajaran materi al-Kalam, strategi menguji tim (Quiz Team) diterapkan untuk pembelajaran materi al-Kitabah, dan strategi pembahasan video (Video Critic) diterapkan untuk pembelajaran materi al-Istima‟ dan Al-Qiraah. Selanjutnya dari segi tingkat keberhasilan pembelajaran antar kelas adalah menyatakan berhasil dan cukup berhasil, hal ini dapat dibuktikan hari hasil evaluasi semester siswa yang kemudian dihitung dengan rumus statistik Mx = ∑X : N, dengan diperoleh hasil rata-rata yang berbeda-beda kelas. Hasil rata-rata keberhasilan dari tiap kelas yaitu, kelas VIII A= 75 (berhasil), B= 60.2 (cukup berhasil), C= 64.8 (cukup berhasil), D= 75.6 (berhasil), E= 66.1 (berhasil), dan F= 62.4 (cukup berhasil). Dari hasil rata-rata hasil nilai evaluai tersebut, jelas terlihat perbedaan tingkat keberhasilan antar kelas. Hai ini dipengaruhi oleh karakter dari masing-masing tiap individu tentang kemampuan dari setiap individu dalam memahami materi serta menguasai materi, yang terlihat jelas dari bagaimana siswa menanggapi materi yang di ajarkan dan menyelesaikan tugas baik individu maupun secara berkelompok, serta dapat dilihat dari beberapa hasil tes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 16:25
Last Modified: 19 Apr 2017 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum