PEMBELAJARAN IBADAH SALAT BAGI SISWA KELAS V DI MIN YOGYAKARTA I

MINZANI AUFA, NIM. 09480124 (2013) PEMBELAJARAN IBADAH SALAT BAGI SISWA KELAS V DI MIN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN IBADAH SALAT BAGI SISWA KELAS V DI MIN YOGYAKARTA I )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN IBADAH SALAT BAGI SISWA KELAS V DI MIN YOGYAKARTA I )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa usia MI/SD sudah harus diberikan bimbingan keagamaan yang baik, disamping itu juga sudah dibiasakan menjalankan rutinitas keagamaan yang tepat sehingga mampu mempertebal keimanan dan pondasi kepribadian anak, dalam Islam anak usia MI/SD merupakan fase menuju awal baligh sehingga pelajaran dan pelaksanaan salat harus tertanam dengan baik. Siswa merupakan generasi muda penerus bangsa yang harus dididik untuk menuju arah yang positif dalam pembangunan, dan terletak dipundak generasi mudalah kemajuan bangsa Indonesia, hal ini dikarenakan siswa juga merupakan investasi dalam dunia pendidikan yang harus dibina dengan baik. Masalah salat sangat ditekankan bagi siswa di MIN Yogyakarta I, disamping salat dhuha secara berjamaah juga dilaksanakan salat dhuhur secara berjamaah secara rutin. Hal ini merupakan suatu cara untuk menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya salat dan membiasakan anak untuk menjalankan salat secara berjamaah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Apa makna pembelajaran ibadah salat bagi siswa kelas V di MIN Yogyakarta I, 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelajaran ibadah salat bagi siswa kelas V di MIN Yogyakarta I, 3) Apa yang menyebabkan siswa rajin, sedang, dan malas dalam beribadah salat siswa kelas V di MIN Yogyakarta I. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Dengan subyek penelitian siswa kelas V di MIN Yogyakarta I. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bentuk pemahaman siswa terhadap makna pembelajaran ibadah salat kelas V di MIN Yogyakarta I adalah sebagai berikut, antara lain: mendekatkan diri kepada Allah SWT, mendapatkan pahala dari Allah SWT, hatinya bisa tenang dan tidak gelisah, orang yang salat akan masuk surga, menyembah Allah SWT. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran ibadah salat yaitu lingkungan keluarga, lingkungan madrasah dan lingkungan sosial. 3) Penyebab siswa rajin, sedang, dan malas dalam beribadah salat yaitu kurangnya motivasi dari dalam diri siswa, kurangnya kesadaran beribadah pada siswa, kendala dari lingkungan siswa, kenyaman tempat dan sarana ibadah salat. Kata Kunci: Makna, Ibadah Salat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 16:33
Last Modified: 27 Jan 2017 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8711

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum