IMPLEMENTASI METODE DRILL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PADA PENERAPAN KAIDAH NAHWU SISWA KELAS VII B MTs NEGERI PUNDONG BANTUL

SUBIANTORO, NIM. 09420175 (2013) IMPLEMENTASI METODE DRILL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PADA PENERAPAN KAIDAH NAHWU SISWA KELAS VII B MTs NEGERI PUNDONG BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE DRILL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PADA PENERAPAN KAIDAH NAHWU SISWA KELAS VII B MTs NEGERI PUNDONG BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE DRILL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PADA PENERAPAN KAIDAH NAHWU SISWA KELAS VII B MTs NEGERI PUNDONG BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan metode drill untuk meningkatan kemampuan siswa memahami kaidah nahwu pada siswa kelas VII B MTs Negeri Pundong Bantul. (2) mengetahui seberapa efektif penerapan metode drill untuk peningkatan kemampuan siswa memahami kaidah nahwu pada siswa kelas VII B MTs Negeri Pundong Bantul Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif, lokasi penelitian di MTs Negeri Pundong Bantul Tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ialah siswa kelas VII B MTs Negeri Pundong Bantul dengan jumlah siswa sebanyak 22 terdiri dari 10 siswa dan 12 siswi. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi, serta soal pre test, post test dan evaluasi. Tahap analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data terlebih dahulu kemudian dianalisis dengan teori-teori dan konsep-konsep yang bersifat umum dan terkait dengan fakta untuk menyelidiki persoalan tersebut. Adapun tahap kegiatan penelitian meliputi perencanaan (planing), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Dari hasil penelitian ini menunjukkan dua kesimpulan utama: (1) pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan.(2) setelah diterapkannya metode drill serta didukung dengan model latihan-latihan yang bervariatif dalam pembelajaran Bahasa Arab, kemampuan siswa memahami kaidah nahwu mengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari hasil rata-rata kelas dari pre test, post test, dan evaluasi pada siklus I dari 20,57 menjadi 45,12 dan 32,05. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pre test, post test, dan evaluasi meningkat dari 21,47 menjadi 43,9 dan 59,3. Dari peningkatan siswa yang diperoleh maka peneliti menyatakan bahwa implementasi metode drill serta didukung dengan media dan latihanlatihan yang bervariatif sehingga siswa merasa tidak bosan dan kaku dalam pembelajaran sangat efektif untuk peningkatan kemampuan siswa memahami kaidah nahwu. Kata Kunci : Metode drill, efektif dan kaidah nahwu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 16:38
Last Modified: 03 May 2017 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum