PENGGUNAAN MODEL E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MUHAMAD FAKHRUR ROZI, NIM 09420155 (2013) PENGGUNAAN MODEL E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MODEL E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MODEL E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui teknik penggunaan situs www.elearning.ftk.uin-suka.ac.id dalam pembelajaran bahasa Arab model e-learning, untuk mengetahui dan mendiskripsikan pemanfaatan situs www.elearning.ftk.uin-suka.ac.id dalam pembelajaran bahasa Arab model e-learning dan menemukan faktor pendukung dan penghambat aplikasi e-learning yang digunakan di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelit ian ini merupakan penelit ian lapangan (field research) dengan mengambil latar belakang Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskrift if analit is. Hasil penelit ian ini, adalah (1) Sistem e-learning (Learning Management System) yang di gunakan di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggunakan sistem e-learning berbasis web yaitu MOODLE. (2) Model e-learning yang di gunakan di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengarah pada pengembangan model web centric course yaitu penggunaan internet yang memadukan antara belajar jarak jauh dan tatap muka (konvensional) akan tetapi belum ada model yang past i karena belum adanya kebijakan tentang penggunaan e-learning (3) Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat di lihat dari dua sudut, yaitu dari sudut peserta didik dan guru/dosen. (4) Faktor pendukung untuk di laksanakannya e-learning, yakni: sistem MOODLE yang cukup memadai untuk e-learning, dosen yang kompeten dalam berbahasa Arab dan sudah ada dosen yang menggunakan e-learning, respon mahasiswa yang bagus dan banyak mahasiswa yang mempunyai sarana untuk e-learning seperti laptop, fasilitas akses internet yang bagus di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebagai faktor penghambat sistem MOODLE belum bisa mendukung kemahiran kala>m dalam pembelajaran bahasa Arab, masih banyak dosen yang belum menggunakan e-learning, beberapa mahasiswa masih kurang menguasai teknologi, fasilit as komputer di Jurusan masih kurang dan belum adanya kebijakan yang mengatur tentang penggunaan e-learning ini di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 16:54
Last Modified: 18 Apr 2017 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8715

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum