HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, SIKAP SISWA DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA N 1 PEJAGOAN KEBUMEN

YUSUF HASAN BAHARUDIN, NIM. 09420200 (2013) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, SIKAP SISWA DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA N 1 PEJAGOAN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, SIKAP SISWA DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA N 1 PEJAGOAN KEBUMEN )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, SIKAP SISWA DAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI SMA N 1 PEJAGOAN KEBUMEN )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa idealnya siswa yang memiliki prestasi bahasa Arab bagus ia juga memiliki motivasi belajar dan sikap yang bagus (positif) terhadap pelajaran bahasa Arab dan pengajaran guru yang disesuaikan dengan gaya belajar yang dimiliki siswa akan meningkatkan prestasi bahasa Arab juga. Namun kenyataannya ada siswa memiliki prestasi bahasa Arab bagus, tapi motivasi belajar dan sikap terhadap pelajaran bahasa Arab kurang bagus dan cara pengajaran guru yang belum mencakup dengan gaya belajar yang dimiliki siswa. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara motivasi belajar, sikap siswa dan gaya belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA N 1 Pejagoan Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh hubungan hubungan antara motivasi belajar, sikap siswa dan gaya belajar dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMA N 1 Pejagoan Kebumen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Pejagoan Kebumen tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 270 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Tenik ini merupakan teknik pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara proporsional dengan memperhatikan stratifikasi dan karakteristik lain yang dimiliki oleh populasi. Ukuran sampel ditentukan berdasarkan ketentuan Suharsismi Arikunto jika populasinya diatas 100 maka bisa diambil 10% - 15% atau 20% - 25% atau lebih. Maka sampel yang diambil sebanyak 20% sejumlah 54 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Pejagoan Kebumen berada pada kategori sedang. Sikap siswa terhadap pelajaran bahasa Arab berada pada kategori baik. Gaya belajar siswa ada tiga maca yaitu visual sebanyak 29 siswa, auditorial sebanyak 15 siswa dan kinestetik sebanyak 10 siswa. Prestasi belajar siswa berada pada kategori baik. 2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar, sikap siswa dan gaya belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar bahasa Arab. Terbukti pada hasil analisis regresi bahwa ada kecenderungan positif terhadap motivasi belajar dan sikap siswa dan kecenderungan negatif terhadap gaya belajar. Semakin tinggi motivasi belajar dan sikap siswa dan semakin rendah gaya belajar maka semakin tinggi prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Jul 2013 17:14
Last Modified: 03 May 2017 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8718

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum