UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK PLANTAE KELAS X MA WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

LAILI NAILUL FARICH, NIM. 09680029 (2013) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK PLANTAE KELAS X MA WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK PLANTAE KELAS X MA WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK PLANTAE KELAS X MA WAHID HASYIM TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X C MA Wahid Hasyim melalui penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) pada proses pembelajaran; (2) Meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui penerapan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) pada proses pembelajaran. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim tahun pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan berupa data keaktifan belajar siswa dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan II. Data keaktifan belajar siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam keaktifan belajar. Data hasil belajar kognitif diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II dan ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dari selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X semester II MA Wahid Hasyim tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari masing-masing aspek keaktifan yang meliputi aspek keaktifan emosional activities meningkat sebesar 13,33%, listening activities meningkat sebesar 1,34%, oral activities meningkat sebesar 16,00%, motor activities meningkat sebesar 1,33%, mental activities meningkat sebesar 1,34%, visual activities meningkat sebesar 16,00%, dan yang terakhir aspek writing activities meningkat sebesar 14,67% . Peningkatan hasil belajar kognitif siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai post-test dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,92 dengan nilai effect size 0,7. Kata-kata kunci : Auditory Intellectualy Repetition, keaktifan, hasil belajar, MA Wahid Hasyim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2013 16:52
Last Modified: 04 Oct 2021 15:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum