EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERMUATAN KEISLAMAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MA SUNAN PANDANARAN

TRIANA ATIKA ZULFA, NIM. 09680025 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERMUATAN KEISLAMAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MA SUNAN PANDANARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERMUATAN KEISLAMAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MA SUNAN PANDANARAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERMUATAN KEISLAMAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MA SUNAN PANDANARAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKS Materi Pokok Sistem Regulasi Manusia Bermuatan Keislaman terhadap motivasi dan hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa kelas XI di MA Sunan Pandanaran, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan LKS Materi Pokok Sistem Regulasi Manusia Bermuatan Keislaman. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI B sebagai kelas eksperimen dan kelas XI A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penggunaan LKS Bermuatan Keislaman dan kelas kontrol dengan penggunaan LKS sekolah. Alat pengumpulan data adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U-test dan Independent Sample T-test, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian antara lain 1) Rata-rata skor motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 79,62 dan kelas kontrol sebesar 71,50. Berdasarkan hasil uji Mann Whitney U-test p < 0,05 berarti signifikan, sehingga penggunaan LKS materi pokok sistem regulasi manusia bermuatan keislaman efektif terhadap motivasi belajar biologi siswa. 2) Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 82,9 dan kelas kelas kontrol sebesar 77,5. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test p < 0,05 berarti signifikan, sehingga penggunaan LKS materi pokok sistem regulasi manusia bermuatan keislaman efektif terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif. 3) Siswa kelas XI memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS materi pokok sistem regulasi manusia bermuatan keislaman dengan hasil persentase ratarata skor angket tanggapan siswa sebesar 79% termasuk pada kategori tinggi. Kata Kunci: hasil belajar, LKS, muatan keislaman, motivasi belajar,.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2013 16:50
Last Modified: 04 Mar 2016 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8809

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum