PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA KOMPETENSI DASAR 4.1 DAN 4.2

RETNO DWI MARYATI, NIM. 09600012 (2013) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA KOMPETENSI DASAR 4.1 DAN 4.2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA KOMPETENSI DASAR 4.1 DAN 4.2)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA KELAS VIII BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA KOMPETENSI DASAR 4.1 DAN 4.2)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika Kelas VIII Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri pada Kompetensi Dasar 4.1 dan 4.2 yang berkualitas Sangat Baik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang dibatasi pada empat tahap yaitu analysis, design, development, dan implementation. Subjek penelitian adalah dosen, guru, dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sentolo tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data menggunakan skala, tes, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan SSP Matematika Kelas VIII berbasis Model Pembelajaran Inkuiri yang berisi Petikan Silabus, RPP, LKPD, LKPD Pedoman Guru, Alat Peraga, dan Instrumen Penilaian yang dari keseluruhan isinya berbasis model pembelajaran inkuiri. SSP dikembangkan dengan empat tahapan pengembangan yaitu analysis yang meliputi analisis kebutuhan guru, karakteristik Peserta Didik, dan kurikulum, kemudian dilanjutkan dengan tahap design SSP dilanjutkan dengan penyusunan instrumen penelitian pengembangan. Tahap berikutnya adalah development yaitu penulisan SSP, penyuntingan produk awal oleh pembimbing, ahli, uji coba terbatas. Pada tahap ini telah diketahui kualitas SSP yaitu Sangat baik dengan skor rata-rata 143,67 dan persentase keidealan 79,82%, sehingga SSP dapat dikatakan Valid. Pada tahap implementation dilakukan uji empiris dengan mengujikan produk SSP dalam proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan rata-rata hasil belajar peserta didik yang meningkat dari 30,33 (pre-test) menjadi 76,10 (post-test). Persentase peserta didik yang lulus KKM adalah 63% > 60%, maka SSP Matematika berbasis Model pembelajaran inkuiri dapat dikatakan Efektif. Dari hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa tanggapan peserta didik Sangat Positif. skor rata-rata yang diperoleh adalah 48,8 dari skor maksimal 60 dengan persentase skor adalah 81%. Selain dilihat dari hasil angket respon peserta didik, juga dilihat dari angket respon guru terhadap SSP. Dari hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa tanggapan guru Sangat Positif. Skor ratarata yang diperoleh adalah 78 dari skor maksimal 96 dengan persentase skor adalah 81%. Berdasarkan kriteria angket respon siswa dan guru tersebut, SSP ini dapat dikatakan Praktis. Kata Kunci: Inkuiri, Matematika, Pengembangan, Subject Specific Pedagogy (SSP)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2013 20:44
Last Modified: 26 Jan 2016 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8829

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum