PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN PRISMA BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII

KANTI ARIFANNI, NIM. 09600011 (2013) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN PRISMA BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN PRISMA BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN PRISMA BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BRUNER UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) matematika pada materi bangun prisma berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII yang berkualitas untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Prosedur pengembangan mengadaptasi dari model penelitian pengembangan dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sumber data penelitian dalam pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) ini adalah validator, guru matematika, dan peserta didik SMP Negeri 1 Bantarbolang Pemalang, sedangkan data yang diperoleh berupa lembar penilaian SSP berbasis tahap berpikir van Hiele dan Teori Bruner, lembar skala respon guru dan peserta didik, hasil skor pre-test dan post-test, serta hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Subject Specific Pedagogy (SSP) Matematika pada materi bangun prisma berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII yang disusun terdiri dari petikan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kisi-kisi lembar penilaian, lembar penilaian, serta media pembelajaran. Penilaian SSP Matematika tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 90,74%. SSP ini juga teruji efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik ditunjukkan dari nilai rata-rata post-test (74,09) yang lebih besar dari nilai rata-rata pre-test (58,26) serta kinerja SSP mencapai kriteria baik dengan persentase peserta didik yang mencapai KKM sebesar 64,71%. Respon guru terhadap SSP tergolong dalam kategori sangat positif dengan skor 81,35 dari skor maksimal ideal 88 dengan persentase keidealan respon 92,42%. Serta respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan SSP mendapat skor positif sebesar 95,15%. Kata Kunci: Subject Specific Pedagogy (SSP), tahap berpikir van Hiele, teori Bruner.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Jul 2013 16:01
Last Modified: 26 Jan 2016 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9044

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum