EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N 4 KALASAN

NOVI ANGGRAINI, NIM. 09600019 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N 4 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N 4 KALASAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP N 4 KALASAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 4 Kalasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional; 2) apakah pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 4 Kalasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Control Group Pretest-Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat berupa pemahaman konsep matematika dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kalasan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 109 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik simple random sampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model konvensional; 2) pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Kata Kunci : Efektivitas, TTW (Think-Talk-Write), Numbered Heads Together (NHT), Pemahaman Konsep, Keaktifan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Jul 2013 16:34
Last Modified: 26 Jan 2016 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum