EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2012/2013)

DANI PUJI ASTUTI, NIM. 07600046 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2012/2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2012)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (PENELITIAN KUASI EKSPERIMEN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2012)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik, (2) kelompok kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) lebih baik daripada kelompok kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik, (3) model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik, dan (4) kelompok kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) lebih baik daripada kelompok kemampuan (tinggi, sedang, dan atau rendah) yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srandakan tahun ajaran 2012/2013. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan statistik inferensial untuk data pre-test, post-test, angket awal, angket akhir, normal gain tes, dan normal gain angket serta analisis deskriptif untuk lembar observasi dan jurnal harian peserta didik. Pengujian dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.00 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan rata-rata normal gain tes pemahaman konsep matematika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada peserta didik kelas kontrol, (2) kelompok kemampuan yang memiliki peningkatan pemahaman konsep paling baik dibandingkan kelompok kemampuan lainnya adalah kelompok kemampuan tinggi kelas eksperimen, (3) secara keseluruhan rata-rata normal gain angket motivasi belajar matematika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada peserta didik kelas kontrol, dan (4) kelompok kemampuan yang memiliki peningkatan motivasi belajar paling baik dibandingkan kelompok kemampuan lainnya adalah kelompok kemampuan tinggi dan rendah kelas eksperimen. Kata kunci: Aptitude Treatment Interaction (ATI), Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Jul 2013 17:29
Last Modified: 25 Jan 2016 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum