PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

RANI HALIMATUFIATUN FARIKAH, NIM. 09680022 (2013) PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif materi pokok Sistem Pernapasan, (2) pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah afektif materi pokok Sistem Pernapasan, (3) pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar siswa pada ranah psikomotor materi pokok Sistem Pernapasan, (4) tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi Predict-Observe-Explain (POE) pada materi pokok Sistem Pernapasan. Penelitian ini termasuk penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan matching pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPA MAN Wonokromo Bantul. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol). Analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif menggunakan uji t, sedangkan untuk hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) terdapat pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar kognitif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar -2,544 (< -2,315) dengan p-value (sig.) 0,014, (2) tidak terdapat pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar afektif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai uji Mann Whitney U sebesar 218,500 dengan p-value sebesar 0,103 (>0,05), (3) tidak terdapat pengaruh strategi POE terhadap hasil belajar psikomotor. Hal ini ditunjukkan dengan nilai uji Mann Whitney U sebesar 264 dengan dengan p-value sebesar 0,466 (>0,05), (4) Mayoritas siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan strategi POE dengan kategori baik sekali sebanyak 84%. Kata kunci: Strategi POE, hasil belajar, tanggapan, sistem pernapasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Aug 2013 16:17
Last Modified: 04 Mar 2016 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum