EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA (POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL)

SARTIKA WAHYUNINGSIH, NIM. 08600030 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA (POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA (POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA (POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan Problem Based Learning dengan Model Think Talk Write (TTW) dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 14 Yogyakarta. Penelitian ini dibatasi pada pokok bahasan aritmetika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) yang menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak pada kelas VII SMPN 14 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 dengan subjek kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan instrument tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, kemudian dilanjutkan uji Mann-Withney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor gain hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 1,72 sedangkan rata-rata skor gain hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 4,14 lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor gain kelas kontrol, artinya pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning dengan Model Think Talk Write (TTW) lebih meningkatkan hasil belajar matematika siswa terutama kelas VII SMPN 14 Yogyakarta pada pokok bahasan aritmetika sosial. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata skor gain hasil belajar yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar terhadap kelas yang diberi perlakuan serta berdasarkan uji Mann-Withney U yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai yang signifikan terhadap kelas eksperimen sehingga dapat dilihat bahwa rata-rata gain hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata gain hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diterapkan pada kelas kontrol. Kata kunci: Pendekatan Problem Based Learning, Model Think Talk Write (TTW), dan hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 09:09
Last Modified: 26 Jan 2016 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum