UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA NYATA UNTUK SISWA KELAS III DI MI YAPPI WIYOKO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

DWI NUR WIJAYANTI, NIM. 09481038 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA NYATA UNTUK SISWA KELAS III DI MI YAPPI WIYOKO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA NYATA UNTUK SISWA KELAS III DI MI YAPPI WIYOKO TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA NYATA UNTUK SISWA KELAS III DI MI YAPPI WIYOKO TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218MB)

Abstract

Dalam pembeljaran IPA, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik dan sosial selain itu siswa dapat belajar “mengalami” bukan “menghafal” sehinga siswa belajar dari pengalaman yang dialami berdasarkan situasi nyata siswa bukan hanya tranfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa. Di Mi Yappi Wiyoko dalam proses pembelajran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar dikelas sehingga berpengaruh pada minat belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan mengunakan alat peraga nyata yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, dan berani untuk mencoba. Permasalahann yang dikaji dalam penelitian ini adalah: ( 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA dengan pemanfaatan alat peraga siswa kelas III pokok bahasan gerak benda di MI YAPPI WIYIKO TAHUN PELAJARAN 2012/2013, ( 2) seberapa besar penngkatan minat belajar IPA pokok bahasan gerak benda pada siswa kelas III di MI YAPPI WIYOKO. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing – masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalm penelitian ini meliputi: partisipasi siswa yang diambil dari hasil pengisian angket yang diberikan setiap akhir siklus, minat belajar siswa yang diambil pemberian soal tes pada akhir siklus, aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang dimbil dari pemberian pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dengan guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ( 1) perasaan senang ( 2) ketertarikan siswa ( 3) perhatian siswa ( 4) keterlibatan siswa. Hasil pengamatan pembelajaran dengan minat belajar siswa IPA dilaksanakan dengan jutuh tahap yaitu menyampaikan kompentensi atau gambaran materi, membagi kelompok, menyiapkan bahan atau alat, menunjuk salah satu siswa untuk mendemontrasikan, mencoba dan memperhatikan, menemikakan hasil percobaan, kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan observasi siswa 42,69% dan hasil nilai siklus I adalah 61,87. Sedangkan hasil observasi minat siswa siklus II sebesar 85,36% dan hasil nilai siklus II adalah 71,25. Maka dilihat dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan minat belajar siswa melalui alat peraga nyata. Kata Kunci: Pembelajaran IPA SD/MI, Minat Belajar siswa dengan Alat Peraga Benda Nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 11:08
Last Modified: 26 Jan 2017 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum