PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN PADA SISWA KELAS VII DI MTsN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2012/2013

ELMA NURPIANA, NIM. 09470067 (2013) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN PADA SISWA KELAS VII DI MTsN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN PADA SISWA KELAS VII DI MTsN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN PADA SISWA KELAS VII DI MTsN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ad lah bahwa kegiatan ekstrakurikuler Pramuka yang di antaranya adalah o ertujuanuntuk menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab bukan k giatan baru dalam dunia pendidikan. Dalam kenyataanya masih terdapat pe erta didik yang melanggar tata tertip sekolah. MTsN Pakem berusaha membentuk kepribadian peserta didik salah satunya melalui kegiatan ekstrakuriku er Pramuka. Bagaimana penanaman karakter kedisiplinan dan tanggung ja ab melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MTsN Pakem. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pelaksanaan kegiatan ekstrakuri uler pramuka dan proses penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab d lam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MTsN Pakem serta apa sajakah ang menjadi faktor pengambat dan pendukung dalam keglatan ekstrakurikul r Pramuka. Subjek dalam penelitian ini adalah iswa kelas VII MTsN Pakem Sleman Yogyakarta tahun akademik 2012/2013 ebanyak 160 siswa. Penentuan subjek dengan pengambilan sample nonpro iabilily sampling berupa purposive sampling yaitu pengumpulan data di akukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahw dan tanggung jawab melalui kegiatan e cukup efektif. Penanaman karakter dis ketepatan, ketaatan, dan kepatuhan dala dibuat oleh pihak sekolah dan untuk yaitu berupa kesadaran untuk melaksa tugas sebagai ketua regu, tugas in penghambat dan pendukung dalam k kepala madrasah pada kegiatan ekstra Pramuka yang kurang memiliki ko kepramukaan sehingga dalam menjala cukup rendah. Faktor pendukung kegiat prasarana yang cukup lengkap serta di antara kepala sekolah dengan waka penggalang sehingga segala permasalah X I proses penanaman karakter disiplin strakurikuler pramuka dapat dikatakan plin dalam kegiatan pramuka berupa mentaati segala peraturan yang telah penanaman karakter tanggung jawab akan tugas dan kewajibanya, baik itu ividu dan tugas kelompok. Faktor giatan pramuka, kurang perhatianya pramuka, ditambah dengan Pembina petensi yang baik dalam bidang an tugas sikap profesionalismenya n kepramukaan tersedianya sarana dan ambah adanya komunikasi yang baik ek, pembina pramuka dan Dewan n yang muncul akan cepat terkendali Kata kunci: Penanaman, Ekstrakurik ler Kepramukaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 11:17
Last Modified: 04 Apr 2017 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum