PENGARUH LIGA HUFFADZ PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

FAJAR GANDHI SUBARKAH, NIM. 08410145 (2013) PENGARUH LIGA HUFFADZ PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LIGA HUFFADZ PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LIGA HUFFADZ PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini adalah ketika proses pembelajaran tahfidz di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah tidak dilaksanakan sesuai dengan panduan yang ada maka hal ini menyebabkan tujuan pembelajaran itu tidak tercapai secara maksimal. Dalam situasi tersebut, Kepala Urusan Pembelajaran Ma’had selaku penanggung jawab dalam program pembelajaran santri maka dituntut memanfaatkan perannya untuk memotivasi belajar siswa agar proses belajar-mengajar berjalan dengan baik. Sehingga dapat menciptakan siswa yang hafal Al-Qur’an sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi pembelajaran tahfidz, pengaruh liga huffadz pada pembelajaran tahfidz serta faktor pendukung dan penghambatnya di Madrasah Mu’allimun Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisa bagaimana proses pembelajaran tahfidz di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, sehingga dapat disimpulkan bagaimana implementasi liga huffadz dan apakah terdapat pengaruhnya pada pembelajaran tahfidz di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pelaksanaan Liga Huffadz pada pembelajaran Tahfidz di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta 2) Pengaruh Liga Huffadz Pada Pembelajaran Tahfidz di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta meliputi: a. faktor pendukung: pembelajaran yang sistematis yang dapat memantau perkembangan siswa dalam menghafal secara detail setiap pecan, program pembelajaran berkesinambungan, motivasi hafalan siswa, koordinasi musyrif dalam pelaksanaan hafalan, apresiasi madrasah terhadap prestasi hafalan siswa, b. faktor penghambat: pengaruh eksternal (game online), waktu luang yang tidak dugunakan secara maksimal, kurangnya kerjasama para penanggung jawab. daya kemampuan siswa dalam menghafal yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 11:40
Last Modified: 28 Jul 2017 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum