PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SANTRI KELAS AWALIYAH MADRASAH DINIYAH LINTANG SONGO PAGERGUNUNG 1 SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL

ANIS KURNIAWATI, NIM. 09410092 (2013) PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SANTRI KELAS AWALIYAH MADRASAH DINIYAH LINTANG SONGO PAGERGUNUNG 1 SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SANTRI KELAS AWALIYAH MADRASAH DINIYAH LINTANG SONGO PAGERGUNUNG 1 SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP PADA SANTRI KELAS AWALIYAH MADRASAH DINIYAH LINTANG SONGO PAGERGUNUNG 1 SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kerusakan lingkungan yang merupakan ancaman besar bagi makhluk di muka bumi ini, sehingga perlu adanya pendidikan yang berwawasan lingkungan demi terciptanya generasi mendatang yang mencintai lingkungan hidup serta sebagai usaha penyelamatan kehidupan manusia di bumi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program pendidikan berwawasan lingkungan hidup pada santri kelas Awaliyah Madrasah Diniyah Lintang Songo, mengetahui proses pendidikan berwawasan lingkungan hidup pada santri kelas Awaliyah Madrasah Diniyah Lintang Songo, dan mengetahui nilai-nilai wawasan lingkungan hidup yang diterapkan pada santri kelas Awaliyah Madrasah Diniyah Lintang Songo. Penelitian kualitatif ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar data dalam penelitian dikatakan valid, maka diperlukan uji keabsahan data, dengan menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Program pendidikan lingkungan hidup pada Santri kelas Awaliyah yaitu meliputi: Pertama, program mempelajari ayat Al-Qur‟an yang dalam pembelajaran lingkungan hidup, guru memberikan titik fokus pada ayat-ayat Al-Qur‟an yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Kedua, pembiasaan sikap respek atau peduli kepada semua makhluk. Ketiga, pembiasaan mengelola dan mengontrol sesuatu supaya penggunaannya tidak mubadzir. Keempat, mendidik santri untuk menyebarkan kekayaan, kegembiraan, dan kebersamaan. Proses pendidikan lingkungan hidup pada Santri kelas Awaliyah dibagi menjadi dua bagian, yaitu secara internal dan eksternal. Proses secara internal dilakukan di dalam kelas seperti halnya pada sekolah formal, dan proses secara eksternal dilakukan diluar kelas untuk lebih meningkatkan pemahaman santri dengan praktek langsung. Kemudian nilai-nilai wawasan lingkungan hidup yang diterapkan pada santri kelas Awaliyah Madrasah Diniyah Lintang Songo yaitu: (1) Pembentukan jiwa santri yang religius, (2) Pembentukan jiwa santri yang tanggung jawab, (3) Pembentukan jiwa santri yang hormat dan santun terhadap lingkungan sekitar, (4) Pembentukan jiwa santri yang penuh kasih sayang terhadap lingkungan sekitar, (5) Pembentukan jiwa santri yang rendah hati, (6) Pembentukan jiwa santri yang toleransi, (7) Pembentukan jiwa kepedulian terhadap lingkungan sekitar, (8) Pembentukan jiwa santri yang kreatif, dan (9) Pembentukan jiwa kerja sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 11:43
Last Modified: 28 Jul 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum