KALIMAT PERBANDINGAN DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS SERTA METODE PENGAJARANNYA (PERSPEKTIF ANALISIS KONTRASTIF)

FITROTUL AINURROHMAH, NIM. 06420030 (2013) KALIMAT PERBANDINGAN DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS SERTA METODE PENGAJARANNYA (PERSPEKTIF ANALISIS KONTRASTIF). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KALIMAT PERBANDINGAN DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS SERTA METODE PENGAJARANNYA (PERSPEKTIF ANALISIS KONTRASTIF))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KALIMAT PERBANDINGAN DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS SERTA METODE PENGAJARANNYA (PERSPEKTIF ANALISIS KONTRASTIF))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah gramatika yang memfokuskan pada kajian kalimat perbandingan baik kalimat perbandingan dalam bahasa Arab (isim tafdhil) maupun dalam bahasa Inggris (degree of comparison). Latar belakang yang mendasari kajian mengenai kalimat perbandingan dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris di dalam penelitian ini adalah kesalahan berbahasa, yaitu kesalahan dalam memahami gramatika kalimat perbandingan baik kalimat perbandingan bahasa Arab maupun bahasa Inggris. Adapun tujuan khusus penyusunan skripsi ini, untuk mengkaji persamaan dan perbedaan kedua kalimat perbandingan tersebut serta memilih metode pengajarannya. Persamaan dan perbedaan itu dengan sendirinya dapat berubah sewaktu-waktu, jika fakta-fakta baru ditemukan. Pendekatan yang digunakan dalam analisis ini ialah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis analisisnya adalah analisis dokumen (library research). Data diolah dengan menggunakan metode deskriptif dari segi penyajiannya dan metode analisis kontrastif dari segi analisis. Analisis Kontrastif (contrastive analisys) yakni, sebuah pendekatan pengajaran bahasa kepada pelajar yang bilingual. Pendekatan Anakon yang dijalankan secara disiplin dan saksama sesuai dengan medium, gaya, ragam, dan konteks akan dapat mencegah terjadinya interferensi. Dengan adanya analisis tersebut, diharapkan pengajar ataupun pembelajar bahasa dapat lebih mudah dalam mengajar dan belajar bahasa dan tidak mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan bahasa yang dipelajari. Dari hasil penelitian, ditemukan beberapa hasil, antara lain: (1) Terdapat Perbedaan pada bentuk struktur kalimat perbandingan kedua bahasa tersebut, diantaranya: Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sama-sama mempunyai bentuk kalimat perbandinngan Positive, Comparative, dan Superlative , akan tetapi dalam bahasa Arab untuk menyatakan tingkat perbandingan positif tidak menggunakan isim taf ḍ il tetapi dengan menggunakan tasybih. (2) metode yang cocok untuk pengajaran kalimat perbandingan tersebut menggunakan pendekatan parsial (parsial approach) dengan menggunakan metode operasional dual-language method dan grammar translation method. Kata-Kata Kunci: Analisis Kontrastif, Kalimat perbandingan, Bahasa Arab, Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Aug 2013 13:41
Last Modified: 25 Apr 2017 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum