UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMINIMALISIR KEKERASAN SISWA MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL

AHMAD AKBARUDIN ALFIAN, NIM. 09410042 (2013) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMINIMALISIR KEKERASAN SISWA MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMINIMALISIR KEKERASAN SISWA MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMINIMALISIR KEKERASAN SISWA MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul dari kenyataan bahwa pendidikan yang ada di Indonesia ini masih kurang berpengaruh terhadap perilaku siswa. hal ini terlihat dari banyaknya kasus kekerasan yang dilakukan oleh siswa seperti perkelahian. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian mengenai programprogram pendidikan yang ada di sekolah, terutama program pembiasaan yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam karena Guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam membentuk pribadi siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk kekerasan apa saja yang terdapat di SMP Negeri 2 Sewon kelas VIII, bagaimana pelaksanaan program pembiasaan dan apa saja kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kekerasan yang dilakukan siswa kelas VIII, serta upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meminimalisir kekerasan melalui pembiasaan-pembiasaan keagamaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualiatif, dengan melakukan penelitian di SMP Negeri 2 Sewon Bantul. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekerasan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon dapat dikelompokan menjadi dua yaitu kekerasan simbolik dan kekerasan fisik. Kekerasan simbolik meliputi 1) saling mengejek antarteman dan juga mengejek Guru 2) merusak fasilitas yang ada di sekolah (kaca jendela). Sedangkan kekerasan fisik berupa perelahian antarsiswa. Selain itu, upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meminimalisir kekerasan siswa yaitu melalui program pembiasaan. Guru Pendidikan Agama Islam menerapkan empat program pembiasaan, yaitu pembiasaan shalat Dzuhur berjama’ah, shalat Dhuha, Do’a Asmaul Husna dan Mushofahah (berjabat tangan untuk memaafkan). Dengan diterapkannya program pembiasaan siswa menjadi lebih rajin dalam beribadah kepada Allah SWT dan juga siswa merasa senang. Ketika selesai melaksanakan program pembiasaan, hati siswa merasa senang dan lebih semangat dalam belajar. Akan tetapi, jika siswa tidak melaksanakan program pembiasaan siswa merasa tidak tenang, hatinya merasa resah. Kata Kunci : Kekerasan, Program Pembiasaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Aug 2013 10:01
Last Modified: 06 Aug 2018 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9132

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum