UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN BERSUSUN KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH NGAWEN

ANA MUSYARIFAH, NIM. 09480062 (2013) UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN BERSUSUN KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH NGAWEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN BERSUSUN KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH NGAWEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN BERSUSUN KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH NGAWEN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pembagian bersusun di kelas III MI Muhammadiyah Ngawen. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar yang ditemukan dalam pembelajaran pembagian bersusun. Berdasarkan sumber data, jenis penelitian ini dikategorikan penelitian lapangan, yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk mendapatkan data dari persoalan-persoalan yang kongkrit di lapangan berupa informasi berbentuk kalimat yang memberi gambaran ekspresi, sikap, perhatian, aktivitas, antusias ketika mengikuti proses pembelajaran, akan tetapi dalam penelitian ini terdapat sedikit pembahasan mengenai kuantitatif berupa pengukuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah dengan angket, wawancara, tes, serta observasi. Berdasarkan penelitian diperoleh beberapa hasil penelitian. Pertama, faktor fasilitas menghambat siswa kelas III MI Muhammadiyah Ngawen dalam belajar. Kedua, faktor kesulitan belajar Matematika materi pembagian bersusun antara lain: kemampuan dalam berhitung pengurangan, perkalian, pembagian bersisa yang masih rendah. Ketiga, upaya treatment yang dilakukan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan materi pembagian bersusun sebesar 43,30%. Kata Kunci: Kesulitan belajar Matematika, pembagian bersusun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2013 09:05
Last Modified: 14 Feb 2017 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum